DONGGALA, MERCUSUAR – Terobosan dalam pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis)  mulai mengikuti atau menyerupai tata cara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang diselenggarakan secara langsung, umum, bebas dan rahasia. Seperti yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 1 Sojol Kabupaten Donggala.

Kepala SMAN 1 Sojol, Arifin, S.Ag dihubungi, Sabtu (3/9/2016) mengatakan bahwa pemilihan ketua Osis pada tahun ini dilakukan berbeda dari tahun-tahun sebelunya, dimana  ketua dan wakil ketua Osis dipilih dengan menggunakan metode pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Dalam proses pemilihan ini, dibentuk panitia penyelenggara Pilkada, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) bernama Komisi Pemilihan Osis (KPO). Sejumlah kelengkapan dan alat peraga dalam pemilihan ini juga disiapkan, seperti  kotak suara, kertas suara daftar siswa yang mencoblos dan tak ketinggalan pula kandidat yang akan dipilih menjadi ketua.

“Para kandidat yang terdiri tiga pasangan calon, melakukan kampanye dan debat kandidat dan pemilihannya menggunakan kertas suara layaknya pemilu dengan tiga TPS,” kata Arifn.

Ia menjelaskan bahwa terselenggaranya pemilihan ketua osis ala pilkada ini, dilatarbelakangi oleh kondisi para siswa yang merupakan generasi penerus bangsa, membutuhkan bimbing untuk belajar berdemokrasi.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan juga untuk mensosialisasikan bagaimana tata cara terkait dengan pemilihan umum atau pemilukada, sehingga pada saatnya nanti para siswa sebagai pemilih pemula sudah mendapatkan gambaran umum tentang proses Pemilu di Indonesia.

Selama proses pelaksanaan pemilihan, berjalan lancar dan mendapatkan dukungan seluruh  guru pendidik maupun anak didik di sekolah yang berada di kecamatan bagian utara Kabupaten Donggala itu.

“Alhamdulillah, para siswa merespon dengan penuh semangat dan antusias hal tersebut yang dibuktikan dengan hampir semua siswa ikut berpartisipasi,” tandasnya.

Lalu bagaiaman dengan pendanaan kegiatan ini? Apakah menggunakan dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS)?. “Dana yang digunakan dari uang kas Osis,” ujarnya singkat. HID

 

Wahid Agus

View all posts

Latest videos