Siapkan Kejutan di Ajang Kontes Robot   

PALU, MERCUSUAR – Menjelang Palu Robot Contest tahun 2017,   para siswa dari SMA Lab School Palu memaksimalkan persiapan.

Pelatih Robotik SMA Lab School Palu, Wahyudin mengatakan, persiapan tim saat ini telah mencapai 90 persen, mulai dari program hingga perakitan robot.

“Saat ini tinggal menyiapkan joy stick. Sementara untuk robot, kami masih terus merakit beberapa komponen penting. Tapi, ini tidak membutuhkan waktu lama,” katanya, Rabu (11/10/2017).

Usai perakitan robot selesai, akan dilakukan uji coba mengangkat balok dan menendang bola ke gawang. Kontes kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana visi untuk kontes kali ini harus mampu menendang bola ke gawang. Tentu, robot yang dirakitpun harus mampu menendang bola masuk ke gawang. Namun kata Wahyudin, semua tergantung dari pengendali robot.

“Meskipun robotnya bagus, kalau pemegang stick nya tidak menguasai robotnya sendiri, pasti akan gagal dan tidak maksimal. Maka dari itu, pengendali robot ini harus menguasai setiap visi,” ujarnya.

Tim yang beranggotakan empat siswa ini akan menghadapi beberapa tim perwakilan sekolah se-Kota Palu, mulai dari tingkat SMP hingga SMA sederajat. Apalagi, dari sekolah yang mengikuti kontes ini ada yang mengirimkan 2 hingga 3 tim.  Sementara, untuk SMA Lab School sendiri hanya mengirimkan satu tim saja.   Kendati demikian, Wahyudin tetap optimis akan memaksimalkan kontes robot ini.

“Tahun sebelumnya, SMA Model Terpadu Madani menjadi juara dan tahun ini menjadi tuan rumah. Untuk tahun ini, kami optimis memenangkan kontes, sehingga untuk tahun berikutnya kami bisa menjadi tuan rumah,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu anggota tim LRC4, Muh Safitra Tomarai mengatakan akan melakukan uji coba robot pada hari minggu mendatang di arena PRC.

“Kami sudah siapkan kejutan buat tim dari sekolah lainnya. Kejutan ini berupa kemenangan,” katanya.UTM

Harian Mercusuar

View all posts