*Memudahkan Koordinasi Kegiatan Bupati

SIGI, MERCUSUAR – Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta secara resmi melaunching atau meluncurkan Sistem Informasi (SI) kepala daerah di Kabupaten Sigi.  SI nantinya akan menjadi sentral informasi dari pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Kabupaten Sigi kepada bupati.  Kepala dinas, misalnya, sebelum melakukan keberangkatan keluar daerah harus melapor terlebih dahulu ke humas dan laporannya tersambung di ruangan.

“Dengan demikian, saya tinggal mengecek OPD mana yang berangkat dan siapa yang ada hari ini, kemudian semua liputan, baik liputan humas maupun pers, kalau ada yang mau dimasukkan silahkan. Hal itu untuk mengetahui berita dan kegiatan yang selama ini telah dilaksanakan oleh Pemda Sigi,” jelasnya.

Ia pun berharap SI Sigi akan terus ditingkatkan ke depannya. Sistem ini untuk mengontrol semua kegiatan, khususnya yang ada di sekretariat daerah Sigi. Kontrol tersebut langsung melalui kamera pemantau yang dipasang  bukan hanya di ruang asisten dan kepala bagian, akan tetapi di ruang kerja pegawai.

Agar kinerja pegawai terkontrol, maka di ruangan bupati, wabup dan sekkab akan dipasang TV kontrol CCTV. Dengan demikian kehadiran pegawai dapat terpantau melalui alat kontrol ini.

Mungkin secara sistem bukan hanya di sekretariat kantor Bupati Sigi, kalau bisa di OPD harus ada, mengingat program ini butuh anggaran besar.  “Sebenarnya untuk OPD itu perlu, berhubung masih ada program yang lebih prioritas, maka sistem informasi untuk  OPD ditunda,” tambahnya.

Kabag Humas Pemkab Sigi, Ariyanto, mengatakan, SI Sigi untuk mempermudah kepala daerah memantau kegiatannya mengingat selama ini jadwal kegiatan bupati yang ada di humas banyak yang ganda lantaran OPD dalam melaksanakan kegiatan tidak melapor ke Humas.

“Jadwal kegiatan bupati yang selama ini menggunakan white board, yang ada di Humas, kayaknya OPD kurang memperhatikan. Kadang-kadang apa yang didisposisi ke dinas tersebut, yang melaksanakan kegiatan karena tidak melapor ke humas. Sedangkan bupati tidak bisa menolak, selama bupati masih ada di Sigi. Cuma, humaslah yang kunci pengaturannya itu, makanya dengan adanya sistem informasi kepala daerah, mudah-mudahan kegiatan ke depannya lebih terstruktur,” tambahnya. Program SI Kepala Daerah Kabupaten Sigi  merupakan usulan Dr.Muchtar SP.SH.MM. AJI

Harian Mercusuar

View all posts