SIGI, MERCUSUAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi menerima penghargaan atas prestasi dalam Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) tahun 2017 dengan predikat B. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur Hotel Tentrem, Yogyakarta, Selasa (13/2/2018).

Wakil Bupati Sigi (Wabup) Paulina mengatakan predikat tahun ini nilainya meningkat dari 63,79 menjadi 65,79. Penilaian tersebut menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran sudah cukup baik dibandingkan dengan capaian kinerjanya.

Hal itu disebabkan oleh pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil di Pemkab Sigi sudah mulai berjalan, walaupun masih memerlukan perbaikan lebih lanjut.

“Tujuan evaluasi ini untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi kepada hasil (result oriented government), serta memberikan saran perbaikan yang diperlukan,” jelas Wabup dalam release, Selasa (13/2/2018).

Lanjut Wabup, akuntabilitas merupakan perwujudan kewajiban seseorang atau unit organisasi untuk mempertanggungjawabkan pengelolaan sumber daya dan kebajikan, serta dipercayakan kepadanya dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.

Berdasarkan PP Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, kepala daerah yang dikoordinasikan oleh Bappeda menyusun visi dan misi termasuk hasil-hasil yang akan dicapai selama masa pemerintahannya. “Organisasi Perangkat Daerah (OPD) memiliki kewajiban untuk menyusun LAKIP yang dilengkapi dengan penetapan kinerja sesuai dengan Permen PAN-RB Nomor 29 Tahun 2010 tentang Panduan Penyusunan Penetapan Kinerja dan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah,” tutupnya.AJI

Harian Mercusuar

View all posts