* Gebyar Perbenihan Pangan Nasional                                                            

SIGI,MERCUSUAR-Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, mengapresiasi Pemprov Sulteng yang telah menunjuk Sigi sebagai tuan rumah Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan Tingkat nasional yang ke V.

Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta, Rabu (11/10/2017) mengatakan, dengan penunjukan tuan rumah ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggan bagi masayarakat Kabupaten Sigi.

Katanya, kegiatan ini berkaitan dengan program Pemkab Sigi tentang Sigi Hijau dan Sigi Masagena. Program Sigi hijau berkaitan dengan tanaman pangan seperti  padi, jagung, kedelai dan tanaman lainnya. Sedangkan Sigi Masagena berkaitan dengan peningkatan ekonomi kerakyatan.

“Program pemerintah daerah Kabupaten Sigi lainya adalah tentang pembangunan infrastruktur seperti irigasi, embung, jalan kantong produksi dan jalan usaha tani,” jelas Bupati.

Kegiatan mengambil tema ‘Melalui Gebyar Perbenihan Wujudkan Kemandirian Benih Nasional’. Tema tersebut akan menjadi acuan Sigi dalam pembangunan perbenihan baik jagung, padi dan kopi.

Saat ini, Sigi memiliki penangkaran benih jagung yang berada di tiga lokasi yakni Desa Bunga Kecamatan Palolo, Desa Pulu Kecamatan Dolo Selatan dan Desa Sungku Kecamatan Kulawi.

Diharapkan gebyar perbenihan tanaman pangan di Kabupaten Sigi, dapat dijadikan sebagai ajang promosi produk unggulan seperti Kopi Toratima jagung dan ubi. Serta obyek wisata danau Lindu, air panas bora dan air terjun wera.

“Sebagai tuan rumah kita harus ramah dan santun kepada tamu undangan yang hadir dalam gebyar perbenihan tanaman pangan, dengan demikian apabila terkesan tamu akan datang kembali ke Sigi,” tandas bupati. AJI

Harian Mercusuar

View all posts