PALU, MERCUSUAR – Suasana seleksi pelatih, asisten pelatih pada Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP)  ditinjau langsung Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulteng, Dr Yunan Lampasio SE MSi di Aula Asrama PPLP Sulteng, Kamis (11/1/2018) siang.

Dalam tinjauan tersebut Kadispora  sempat berinteraksi dengan para panelis serta beberapa peserta. Bahkan kadispora  tetap memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh peserta sebelum meningalkan ruangan utama.

Kepada media ini, Kadispora menyebut pelatih sangat berperan terhadap maju dan mundurnya prestasi atlet sehingga dia berharap hasil dari seleksi tersebut para pelatih dapat  memenuhi  capaian dari program yang telah disiapkan.

“Kompetensi seorang pelatih  harus mempunyai tujuan yang harus dicapai baik dari segi fisik  maupun tehnik Karena yang menentukan jago dan pintarnya atlet  kita berprestasi adalah pelatih.  Oleh karena itu pelatih  harus memiliki keahlian, apalagi tehnik-tehnik berolahraga   terus berkembang yang disertai sport science atau penguasaan ilmu pengetahuan,” terang kadispora

Kadispora juga menilai kemampuan menyusun program yang bisa dilaksanakan harus di evaluasi capaiannya setiap tiga bulan dari program yang telah diatur, karena tanpa program tersebut dia meyakini prestasi atlet  akan berjalan ditempat .

“Pola yang dikembangkan dan yang telah menjadi patron Kemenpora   adalah rekruitmen pelatih dan rekruitmen atlet karena itu konsep dari Dispora. Jadi, sekali lagi  saya katakan bahwa  selain kompetensi  pelatih, pola rekruitmen keberbakatan dan postur itu  menjadi  standar yang harus dikembangkan di Sulawesi Tengah,” tutupnya. CLG

Harian Mercusuar

View all posts