PALUPI, MERCUSUAR – Dinas Pendidikan Kota Palu  berencana mengusulkan pembangunan gedung baru SDN Palupi dengan model bertingkat untuk dimasukkan dalam APBD Kota Palu.

Selain halaman sekolah yang sempit karena berada dalam kompleks perumahan, kapasitas gedung sekolah juga tidak lagi mampu menampung peserta didik.  Jumlah peserta didik di sekolah ini mencapai 400-an siswa, sementara daya tampung gedung hanya sekitar 300-an siswa. Untuk mengakomodir semua siswa, pihak sekolah terpaksa menggunakan sistem shift atau penggunaan ruang kelas bergantian.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palu, Ansyar Sutiadi memberi penjelasan mengenai konsep gedung yang ingin dibangun itu.  Lantai dasar yang berbentuk kolom bakal digunakan sebagai tempat peserta didik bermain dan beraktivitas, serta juga digunakan sebagai tempat pengembangan bakat siswa.  Adapun lantai dua dan tiga digunakan sebagai tempat belajar.

“Kalau tidak seperti itu, dimana lagi anak-anak bermain dan tempat pengembangan bakat anak-anak, sementara halaman sudah sangat sempit, diapit bangunan,”jelasnya belum lama ini.

Sementara terkait pengajuan, Ansyar menuturkan paling tidak tahun 2019, mengingat untuk tahun ini masih dalam tahap penyusunan rencana. “Tahun ini kita susun perencanaan dulu, paling tidak tahun 2019 kita ajukan dan menyesuaikan dengan kondisi keuangan daerah,”ungkapnya. UTM

Harian Mercusuar

View all posts