PALU, MERCUSUAR- Sumber daya manusia (SDM) tenaga pengelola perpusatakaan, baik perpustakaan umum maupun perpustakaan sekolah masih sangat minim di Sulteng.

Hal itu diakui Wakil Gubernur Sulteng H. Sudarto saat membuka secara resmi Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca dirangkaikan pembukaan Diklat Calon Pustakawan Tingkat Ahli (CPTA) Sulteng 2016, Senin (22/8/2016), di kantor Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Daerah (BPAKD) Sulteng. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional RI.

Sudarto mengatakan, terkait Diklat CPTA, diharapkan agar kegiatan tersebut dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan SDM dalam pengelolaan perpustakaan, baik perpustakaan umum maupun perpustakaan sekolah. “ Kita sadar, secara kuantitas dan kualitas tenaga pengelola perpustakaan di Sulawesi Tengah masih sangat terbatas,” ujarnya.

Olehnya itu, kata Sudarto, dengan adanya kegiatan ini dapat menjawab kebutuhan ketersediaan tenaga yang profesional dalam penyelenggaraan, pengelolaan dan pengembangan perpustakaan di Sulawesi Tengah.

“Saya harap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, agar apa yang diperoleh selama mengikuti pelatihan dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan perpustakaan ditempat masing-masing,” tekannya.

Adapun penyelenggaraan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca, Sudarto menilai sangat tepat dilaksanakan. Hal tersebut selaras dengan upaya pemerintah dalam melaksanakan pembangunan manusia yang dikenal dengan Revolusi Mental, serta konsep dan arah kebijakan pembangunan daerah Provinsi Sulteng melalui visi dan misi yang dituangkan dalam RPJMD Tahun 2016-2021, yaitu Sulteng yang maju, mandiri dan berdaya saing.

“ Membaca merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas SDM. Membaca dapat memperkaya pengetahuan, serta memperluas wawasan untuk membentuk watak dan sikap yang membuat seseorang menjadi cerdas, inovatif, terampil dan memiliki kreativitas yang tinggi, sehingga mampu berkompetisi dalam berbagai bidang kehidupan,” paparnya.

Kegiatan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca dan Diklat CPTA Tahun 2016 yang dilaksanakaan kurang lebih selama 80 hari tersebut, dihadiri Kepala Perpustakaan Nasional RI, Drs. Muh. Syarif Bando, MM, anggota Komisi X DPR RI, Yessy Gusman, SH, Ketua IKD Sulawesi Tengah, Hj. Nurhayati Ponulele, para perwakilan perguruan tinggi se-Kota Palu, beberapa pejabat terkait, para kepala sekolah dan guru, para peserta diklat CPTA, para tokoh agama, adat, pemuda dan masyarakat, yang berjumlah sekitar 200 orang. SAH

 

Babuljanna Srihafsa

View all posts

Latest videos