TOLITOLI, MERCUSUAR – 593 rumah warga di Kabupaten Tolitoli mendapat bantuan sambungan baru air bersih dari PDAM. Sambungan baru tersebut tersebar di lima kecamatan di Tolitoli.

“Total anggaran sambungan baru untuk ratusan rumah itu kurang lebih Rp1,7 Miliar,” jelas Direktur PDAM Tolitoli, Arnol Rasang, Senin (7/8/2017).

Sumber anggaran untuk pemasangan sambungan air bersih bagi warga yang berpenghasilan rendah di daerah bersumber dari Kementrian Pekerjaan Umum (PU).

“Sambungan baru ini diprioritaskan kepada masyarakat yang berpenghasilan rendah, mereka hanya dibebankan biaya administrasi sekitar Rp200 ribu,” katanya.

Dia menyatakan, pemberian bantuan air bersih meliputi 70 rumah di Kecamatan Dakopemean, 327 rumah di Kecamatan Baolan, 115 rumah Kecamatan Galang, 35 rumah Dondo dan 46 di Kecamatan Dampal Utara.

“Mereka yang menerima sambungan baru tersebut berdasarkan data yang kemudian diverifikasi pihak kementrian,” paparnya.

Kata Arnold,  pengawasannya melibatkan pihak PDAM. Sementara anggaran sebesar Rp1.779.000.000, penalangannya dibebankan kepada Pemerintah Daerah. Setelah pemasangan tersebut rampung 100 persen, anggaran yang ditalangi itu dilakukan penggantian oleh kementerian terkait.

“Setelah pemasangan tersebut dilaksanakan100 persen, anggaran yang digelantorkan pihak Pemkab Tolitoli kemudian diganti Kementrian Keuangan,” jelasnya.

Ratusan rumah yang diberikan bantuan sambungan rumah air, pengusulannya berdasarkan data kelayakan rumah. Sedangkan untuk tahapan verifikasi bukan di tingkat PDAM, namun di tangan Kement3rian PU Jakarta. LAN

Harian Mercusuar

View all posts

Latest videos