BANGGAI, MERCUSUAR – Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk, Kabupaten Banggai, Farid Haluti, SAg, MPd, meraih gelar doktor bidang ilmu  pendidikan, setelah berhasil mempertahankan disertasinya, Selasa (23/5/2017) di hadapan rapat senat terbuka PPs-Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dengan mendapat nilai IPK, 3.75.

Farid menulis disertasi dengan judul Pengaruh Komitmen Berinovasi, Iklim Kerja, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Budaya Mutu Dosen di Universitas Muhammadiyah Luwuk.

Rapat senat terbuka dipimpin langsung Rektor UNG, Prof Dr H Syamsu Qamar Badu, MPd. Turut hadir Direktur PPs-UNG, Prof Dr.H.Sarson W DJ Pomalato, MPd, Wadir I, Prof Dr.Yulianto Kadji, MSi, serta Kaprodi S3 Ilmu Pendidikan, Prof Dr Abdul Haris Panai, MPd.

Selaku Promotor, Prof Dr H Abd Kadim Masaoang, M.Pd, Ko Promotor I dan II yakni; Prof Dr Hamzah B Uno, MPd dan Prof Dr Abd Haris Panai, MPd. Penguji Internal, Prof Dr Syamsu Qamar Badu, MPd dan Prof Dr Nurhayati Abbas, MSi. Penguji Eksternal, Prof Dr Syarifuddin Ondeng, MA.

Salah satu simpulan dari disertasinya, yakni terdapat pengaruh langsung positif dan pengaruh tidak langsung melalui kepuasan kerja komitmen berinovasi terhadap budaya mutu, ini menunjukkan bahwa peningkatan komitmen berinovasi, secara langsung akan meningkatkan budaya mutu.

Juga ditemukan, terdapat pengaruh langsung positif iklim kerja dan pengaruh tidak langsung melalui kepuasan kerja, terhadap budaya mutu. Ini menunjukkan, peningkatan iklim kerja yang dimiliki dosen, secara langsung akan meningkatkan budaya mutu.

Dia menyarankan, dosen sebagai ujung tombak bidang pendidikan di kampus agar senantiasa membangun dan menjaga sistem nilai yang terbangun dalam komitmen berinovasi, bersama-sama menjaga iklim kerja, saling memotivasi dan meningkatkan kepuasan kerja yang lebih baik untuk meningkatkan budaya mutu, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Universitas Muhammadiyah. JEF/*

Harian Mercusuar

View all posts