LOLU SELATAN, MERCUSUAR – Periode bulan Januari hingga Agustus 2016, Kantor Imigrasi Klas I Palu mencatat ada 101 orang warga negara asing (WNA) di wilayah kerjanya, yang telah kembali ke negara asalnya.

Wilayah kerja Kantor Imigrasi Klas I Palu meliputi Kota Palu, Kabupaten Donggala, Sigi, Parigi Moutong, Poso, Tolitoli dan Kabupaten Buol.

“Mereka ini sebagian besar kembali ke negaranya karena sudah selesai masa tinggal dan kerjanya,” ujar Kepala Seksi Informasi, Sarana dan Komunikasi Kantor Imigrasi Klas I Palu, Muh. Bakri, Selasa (30/8/2016).

Menurutnya, mayoritas WNA tersebut merupakan pekerja di sektor pertambangan. Ada juga yang bekerja di sektor industri dan energi.

WNA tersebut sebagian besar berasal dari Cina, selebihnya berasal dari Amerika Serikat, Bangladesh, India, Taiwan, Korea, Jerman, dan sejumlah negara lainnya.

“Kebanyakan dari mereka tidak lagi kembali ke Palu karena sudah habis masa kerjanya. Mayoritas hanya mengambil Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) selama enam bulan,” singkatnya. JEF