SIGI, MERCUSUAR – Sesuai jadwal yang dicantumkan pada surat edaran bahwa selama Ramadan, jam kerja di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi dikurangi satu jam, yakni mulai pukul 08.00-15.00 Wita, dimana pada hari biasa pegawai masuk kerja hingga pukul 16.00 Wita.

Demikian dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi, Muh Basir Lainga, Jumat (26/5/2017). Lanjutnya selama ramadan, jadwal itu berlaku dari Senin hingga Kamis. Sedangkan khusus Jumat masuk kerja pukul 08.00-15.30 Wita.

Katanya, surat edaran tersebut berlaku untuk pegawai dijajaran Pemkab Sigi. Mengingat hari pertama ramadan jatuh pada hari libur, maka surat edaran tersebut berlaku setelah pegawai masuk kerja.

“Jadwal masuk kerja tersebut hanya berlaku saat ramadan, setelah ramadan waktu masuk kerja akan kembali seperti biasa. Selama ramadan apel pagi dan apel sore tetap dilaksanakan,”jelasnya.

Kata dia, kegiatan apel pagi dan sore tetap dilaksanakan seperti biasa sesuai lokasi, dimana lokasi pertama lingkungan Kantor Bupati Sigi, lokasi kedua perkantoran Sidera dan ketiga lingkungan DPRD Sigi.

Selama ramadan tidak ada lagi kerja bakti maupun senam kesegaran jasmani, namun jam tersebut diganti dengan siraman rohani. Mengingat kerja bakti dan senam banyak bergerak sehingga bisa menyebabkan kelelahan. Menurutnya, bagi organisasi perangkat daerah (OPD) bisa masuk kerja disesuaikan dengan jadwal yang ada.

“Setiap hari absen pegawai apel pagi dan sore dikumpul dan diserahkan kepada Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sigi, karena hasil absensi selama satu minggu tepatnya hari Senin saat upacara, nama pegawai yang tidak mengikuti apel pagi maupun apel sore akan dibacakan. Hal tersebut dilakukan dalam rangka penataan aparatur,” tandasnya. AJI

Harian Mercusuar

View all posts