SIGI, MERCUSUAR – Selama bulan Ramadan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sigi bakal menanam pohon produktif sebanyak 400 pohon. Adapun sasaran penanaman di tiga kecamatan yakni Kecamatan Sigi Biromaru, Dolo dan Kecamatan Marawola.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Kabupaten Sigi Andi Aco usai melakukan penanaman pohon di lingkungan Polsek Marawola, Kamis (31/5/2017). Katanya, penanaman pohon dilakukan atas kerjasama DLH Sigi dengan pihak pengusaha. Mengingat tanam pohon dalam rangka mendukung program Pemkab Sigi terkait Sigi hijau.

“Sigi Hijau merupakan masuk dalam visi misi Bupati dan Wabup Sigi lima tahun kedepan. Mengingat Sigi hijau merupakan program prioritas pemerintah Kabupaten Sigi saat ini, sekaligus untuk penghijauan lingkungan,” jelasnya.

Kata dia, penghijauan bisa dilakukan dimana pun berada baik di pinggir jalan, lahan, kebun maupun pekarangan rumah, asalkan daerah yang ditanami dalam kondisi gersang maka ditanami pohon.

Kabid Penataan dan Penaatan Perlindungan dan Pengolahan Lingkungan Hidup DLH Sigi Yoke A Pangandaheng mengatakan sasaran penanaman meliputi Kantor Camat, Polsek, Koramil, Puskesmas/Polindes, Kantor Desa dan sekolah.

Menurutnya, sasaran tersebut merupakan tempat umum dan pelayanan, sehingga mudah dilihat masyarakat. Dengan demikian, masyarakat tergugah untuk tanam pohon juga. Adapun pohon yang ditanam meliputi  Durian montong, mangga, rambutan, alpokat dan pohon nangka. Jika ada masyarakat yang ingin menanam pohon produktif maupun pelindung, Dinas Lingkungan Lingkungan menyediakanya. “Diharapkan pohon yang ditanam agar dirawat dan dipelihara,” singkatnya. AJI

Harian Mercusuar

View all posts