Puluhan Tutor Keaksaraan Ikut Workshop

PARMOUT, MERCUSUAR– Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) menggelar workshop kepada puluhan Tutor Keaksaraan di salah satu hotel di Parigi, Selasa (23/8/2017).

Kegiatan yang diikuti 82 Tutor ini, bertujuan menjadikan Tutor profesional terampil dan inovatif, dengan  menghadirkan narasumber dari Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Sulteng.

Kepala Dikbud Parmout, yang diwakili oleh Kasubag Kepegawaian dan Umum, Ma’ruf, dalam sambutannya mengatakan, Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan di bawah Ditjen PAUD dan Dikmas, memperluas berbagai layanan pendidikan keaksaraan dan kesetaraan, yang diberikan kepada para remaja, orang dewasa dan komunitas masyarakat  yang dikemas dalam berbagai program antara lain pendidikan keaksaraan, peningkatan budaya baca masyarakat, pendidikan kesetaraan orang dewasa, pendidikan kecakapan hidup perempuan dan pendidikan berkelanjutan.

Berdasarkan laporan Kepala Bidang PAUD dan Dikmas, Parigi Moutong telah diberikan kuota 1.050 orang peserta didik, dari kemendikbud yang terdiri dari Pendidikan Keaksaraan Dasar  500 peserta, pendidikan keaksaraan usaha mandiri 450 peserta, dan pendidikan multi aksara 100 orang.

“Ribuan peserta harus benar-benar mencapai kompetensi inti dan kompetensi dasar sesuai ketentuan yang berlaku. Dan yang paling memegang peran penting dalam pencapaian kompetensi dimaksud adalah Tutor yang akan membimbing dan memberikan pendampingan selama proses pembelajaran,” terangnya.

82 Tutor yang mengikuti workshop berasal dari beberapa PKBM di Parmout antara lain, PKBM Toirante, PKBM Mandiri, PKBM Salumpung Jaya, PKBM Pusung Jaya, PKBM Prima Baru, PKBM Sail Khatulistiwa, PKBM Kapita Barakah, PKBM Mahakarya, PKBM Parigi Moutong, Satuan Pendidikan Non Formal SKB Songulara.

“Semoga peserta yang ikut workshop menerima materi dengan baik, sehingga dapat diaplikasikan dalam kegiatan sehari hari,” tandasnya. TIA