BIROBULI SELATAN, MERCUSUAR  –  Puluhan santri pondok pesantren (ponpes) mengikuti ujian seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSP) yang diadakan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tengah. Penyelenggaraan seleksi ujian PBSP dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) Palu Selatan, Sabtu (20/5/2017).

Kepala Seksi Pondok Pesantren (Kasi Pontren) Kanwil Kemenag Sulteng, Abdul Haris mengatakan bahwa pelaksanaan ujian BSP tersebut diikuti oleh puluhan santri dari beberapa pondok pesantren yang ada di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan.

“Ada 23 orang santri yang ikut ujian dari 41 yang terdaftar, mereka mengikuti ujian seleksi tergantung kampus mana yang mereka minati” ujarnya.

Dirinya menuturkan ujian PBSP tersebut diperuntukkan bagi santri  tingkat Madrasah Aliyah yang sedang melakukan mondok di pondok pesantren.

“Ujian seleksi ini dikhususkan bagi santri yang ada di pondok pesantren, jadi kalau dia cuma sekolah di Madrasah Aliyah namun dia tidak mengikuti pemondokan maka dia tidak bisa diikutkan,” tuturnya.

Ditambahkannya, santri yang ikut dalam ujian seleksi tersebut berasal dari beberapa pesantren di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan diantaranya Ponpes As Syifa Banggai Kepulauan, Ponpes Madinatul Ilmi Dolo, Ponpes Alkhairaat Putra dan Putri Palu, serta Ponpes IMI Makassar.

“Ada beberapa ujian seleksi yang dilakukan diantaranya ujian seleksi mengenai materi kepesantrenan, ujian tahfiz Qur’an, dan beberapa materi lainnya, yang semuanya dilakukan secara onlne dan diawasi oleh pengawas dari Kemenag Pusat,” paparnya.

DiharapkAan dengan adanya ujian PBSP yang diadakan setiap tahun tersebut, diharapkan dapat memacu semangat belajar dan berprestasi bagi para santri yang ada di Pondok Pesantren sehingga mereka tidak kalah bersaing dengan para siswa yang berasal dari sekolah umum. FDL

Harian Mercusuar

View all posts

Latest videos