BESUSU BARAT, MERCUSUAR – Hakim tunggal Pengadilan Negeri (PN) Klas IA/PHI/Tipikor Palu, Yoga DA Nugroho SH MH menyidangkan dan menjatuhkan hukuman denda terhadap 56 pelanggar lalu lintas yang disanksi tilang, Jumat (24/6/2016).

Kasus pelanggaran lalu lintas tersebut berasal dari Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sulteng dan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Palu, baik dilakukan oleh pengendara roda dua maupun roda empat.

Humas PN Klas I A/PHI/Tipikor Palu, I Made Sukanada SH MH menjelaskan berdasarkan data di Panitera Muda Pidana, 56 pelanggar lalu lintas yang disidang itu, 15 berkas berasal dari Ditlantas Polda Sulteng, sedangkan Satlantas Polres Palu berjumlah 41 berkas.

Sanksi denda yang dijatuhkan terhadap pelanggar lalu lintas, lanjutnya, jumlah bervariasi antara Rp40 ribu hingga Rp80 ribu. Sebab disesuaikan dengan tingkat pelanggaran yang dilakukan oleh pelanggar.

“Pelanggar yang disidang didominasi oleh pengendara roda dua,” tuturnya, Senin (27/6/2016).

Jenis pelanggaran yang dilakukan pengendara roda dua, didominasi oleh pengendara yang tidak memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan  (STNK).

Selain itu, melanggar rambu lalu lintas, kendaraan tidak lengkap dan telah dimodifikasi, serta pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm.

Pada kesempatan itu, I Made kembali mengimbau agar masyarakat yang disanksi tilang untuk datang menghadiri sidang di PN Klas IA/PHI/Tipikor Palu sesuai jadwal yang tertera pada surat tilang. Sidang untuk pelanggar lalu lintas yang disanksi tilang digelar setiap hari Jumat.

Diketahui, berdasarkan hasil rapat koordinas antara Ditlantas Polda Sulteng, Satlantas Polres Palu dan PN Klas IA/PHI/Tipikor Palu pada 16 April 2015 lalu, pengendara kendaraan bermotor yang disanksi tilang harus menghadiri sidang di PN setempat. Sehingga tidak dapat lagi menitipkan uang denda tilang pada bintara tilang.

Hasil rapat itu termaktub dalam surat telegram Kapolda Sulteng Nomor: ST/492/V/2015 tanggal 7 Mei 2015. AGK

Frangky

View all posts

Latest videos