PALU, MERCUSUAR –  Kepala Bidang Pusat Pendidikan dan  Latihan Pelajar (PPLP)  Kemenpora RI, DR Surono MPd melakukan monitoring dan evaluasi di PPLP Sulteng. Sejumlah venue latihan PPLP di sambangi Surono   yang didampingi Kadispora Sulteng, DR Yunan Lampasio SE MSi beserta staf.

Kepada wartawan Mercusuar, Surono menyebut Sulawesi Tengah berpotensi menghasilkan atlet-atlet  nasional bahkan internasional melalui pembinaan yang dilakukan Dispora Sulteng.

Tim Sepaktakraw PPLP Sulteng mendapat arahan dari Surono sebelum melakukan latihan di GOR Siranindi Palu, Kamis (25/5/2017). Foto: Issrin Assagaf/MS

“Tujuan kami ke Palu ini untuk melakukan evaluasi sejauh mana perkembangan atlet PPLP yang dibina oleh  Dispora Sulteng. Jadi, harus tahu kemajuan atau perkembangan atletnya,” ujar Surono.

Surono menyebut prestasi atlet PPLP Sulteng  mengalami peningkatan signifikan saat ini seperti atlet Dayung yang mengikuti Pelatnas Asean Games Jakarta, lalu  seorang atlet Sepaktakraw putri dipanggil mengikuti Asean School Games termasuk satu atlet Pencaksilat yang dipanggil ke Pelatnas.

“Akhir-akhir ini memang atlet PPLP Sulteng  lumayan bagus prestasinya. Banyak diantara mereka mengikuti pelatnas seperti atlet Dayung yang memprsiapkan diri untuk Asean Games, lalu ada atlet Sepaktakraw ke Asean School Games dan Pencaksilat ke Pelatnas. Itu artinya bahwa kelas Sulawesi Tengah bukan lagi bicara daerah, tetapi sudah berada di level nasional dan internasional,” kata Surono.

Surono juga memuji sistim pembinaan  di PPLP yang dilakukan Dispora Sulteng . “Pembibitan juga sudah  di lakukan Dispora  dengan terbukti saat ini ada atlet yang saat ini mengikuti pelatnas jangka panjang di cabor Atletik walaupun masih berusia 14 tahun. Jadi, kalau sistim pembinaan bagus , komitmen juga bagus pasti hasilnya juga bagus, “ terang  Surono.

Terkait dengan infrastruktur di PPLP, Surono mengakui alat-alat di cabor Dayung  masih kurang apalgi kedepannya  Sulteng akan mejadi tuan rumah  Kejurnas PPLP di  Pantai Teluk Palu.

“Memang dari hasil monitoring kami, perlengkapan   cabor Dayung masih kurang, apalagi akan menjadi tuan rumah Kejurnas. Hal ini  saya akan membicarakannya kepada PB PODSI agar mereka bisa memfasilitasi perlengakapan tersebut,” ujarnya. CLG

Harian Mercusuar

View all posts

Latest videos