Poso Wakili Sulteng Bertanding di Piala Menpora

POSO, MERCUSUAR – Kabar gembira untuk warga Poso. Tim sepak bola pelajar Kabupaten Poso U-14 akan mengikuti kompetisi piala Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) 2017 di Magelang, Jawa Tengah pada 7 September 2017.

Untuk diketahui, Kabupaten Poso merupakan satu-satunya  tim sepak bola pelajar U-14 yang mewakili Sulteng di ajang piala Menpora yang bekerja sama dengan PSSI. Kabupaten Poso nantinya akan bertanding dengan tim pelajar dari 33 Provinsi di Indonesia.

Lolosnya Poso U-14 ke piala Menpora di Magelang, karena sebelumnya berhasil menjadi juara dalam liga LPI 2017 yang digelar PSSI Sulteng di Kota Palu baru-baru ini. Keberhasilan Poso menjadi juara tersebut berhak mewakili Sulteng.

Ketua Harian Asosiasi PSSI Poso Judra Diwa, menyampaikan bahwa keberhasilan tim sepakbola Poso U-14 ikut berpartisipasi di piala Menpora merupakan sejarah baru bagi Poso. Mengingat kompetisi skala nasional itu sebelumnya belum pernah sama sekali Kabupaten Poso menjadi peserta.

Kata Judra Diwa, terakhir Kabupaten Poso ikut bertanding di luar Sulteng dikota Semarang, Jawa Tengah pada tahun 1986 silam, yang saat itu kompetisi Piala Suratin.

“Ini yang pertama kalinya Poso bisa ikut bertanding pada skala nasional dan ini merupakan sejarah baru tim kita dan pemain kita bisa masuk ke Piala Menpora,” ujar Judra Diwa yang juga seorang Coach ini, Rabu (23/8) kemarin.

Pihak PSSI Poso sangat berharap doa serta dukungan dari Pemkab dan warga Poso agar bisa menjadi yang terbaik dan meraih juara untuk yang pertama kalinya.

“Sehingga stigma Poso yang ditakuti orang luar bisa hilang, dan mengetahui bahwa Poso itu aman, damai dan tahu bahwa masyarakatnya banyak melahirkan atlet atlet berbakat yang bisa mengharumkan nama daerah dan Sulteng pada umumnya,” tandasnya. ULY