PALU, MERCUSUAR – Kapolres Palu, AKBP Basya Radyananda menuturkan terdapat 105 personil Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) yang ditempatkan di wilayah Palu. Ratusan personil Bhabinkamtibmas tersebut ditempatkan di masing-masing kelurahan.

Bhabinkamtibmas bertugas di setiap kelurahan sebagai pelayan dan pengayom serta memberikan rasa aman kepada masyarakat. Selain itu, keberadaannya juga diharapkan terlibat dalam setiap aktivitas ditengah-tengah masyarakat.

Olehnya, kata Kapolres, untuk mencapai hasil yang maksimal dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat dibutuhkan kerjasama antara polisi dan masyarakat. Sebab Polisi tidak akan dapat menciptakan situasi yang tertib dan aman dalam suatu lingkungan di masyarakat tanpa adanya kemauan dan kesadaran dari masyarakat itu sendiri akan pentingnya suasana aman dan tertib.

Dijelaskannya, disetiap kelurahan Polres Palu menempatkan dua personil Bhabinkamtibmas, setelah sebelumnya hanya satu personil. Penambahan personil tersebut merupakan suatu situasi yang dibutuhkan dalam mendukung pelaksanaan pembangunan dan kegiatan masyarakat, agar masyarakat merasa tentram, aman dan damai.

Babinkamtibmas juga membantu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, serta langsung bersentuhan dengan aktifitas masyarakat. IKI

Muhammad Rifki

View all posts