POSO, MERCUSUAR – Dalam menciptakan suasana Ramadan yang semakin kondusif, serta membantu umat muslim dalam menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan 1437 Hijriah kali ini, Kepolisian di Poso melalui Satuan Bimbingan Masyarakat (Binmas) Polres Poso, menggelar patroli keliling. Kali ini dalam bentuk kegiatan membangunkan warga untuk sahur.

Dengan menggunakan mobil dinas, patroli keliling dilakukan subuh hari, dibarengi dengan pengeras suara sambil bernyanyi dan di iringi musik-musik religi. Aksi polisi di Poso ini disambut gembira masyarakat karena membantu membangunkan warga bersantap makan sahur.

Satbimas Polres Poso secara rutin setiap dini harinya melakukan giat sahur on the road. Dengan menggandeng warga Poso dan sejumlah remaja pramuka  yang tergabung dalam Shaka Bhayangkara. Mereka berkendara dan sesekali dilanjutkan dengan berjalan kaki, untuk membangunkan warga muslim bersahur.

Sahur on the road ini pun semakin menarik, dengan menggunakan pengeras suara,  warga, dan remaja pramuka  serta anggota Binmas Polres Poso bernyanyi sambil di iringi musik religi. Mereka memanggil-manggil warga untuk makan sahur di jalanan yang dilintasi.Tak hanya itu, mereka juga masuk dan mengetuk pintu rumah warga yang diketahui akan menjalankan ibadah puasa, untuk membangukan makan sahur. Sahur on the road yang digelar pihak Binmas Polres Poso ini, juga  dimanfaatkan dengan mengkampanyekan menolak paham komunisme di Poso.

Bersama warga Bonesompe, anggota pramuka menyerukan menolak paham komunisme di Bumi Sintuwu Maroso. Kasat Binmas Polres Poso, AKP Alfian Komaling mengatakan, “giat sahur on the road ini untuk membantu membangunkan warga yang berpuasa untuk makan sahur. Selain itu, merupakan bagian dari patroli keliling, serta bersama warga mengkampanyekan menolak paham komunisme,” ujar Alfian.

Menurut Alfian, kegiatan tersebut digelar secara rutin setiap harinya. Bahkan pihak Binmas Polres Poso juga telah menyediakan sejumlah kegiatan selama bulan suci Ramadan, seperti buka puasa bersama dan bagi-bagi takjil.PR