PALU, MERCUSUAR – Kepolisian Daerah Sulteng bersama seluruh instansi terkait akan kembali menertibkan penambangan emas tanpa izin (peti) di Desa Dongi-dongi dalam kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) Kabupaten Poso.

Kabid Humas Polda Sulteng, AKBP Hari Suprapto kepada sejumlah wartawan, Sabtu (20/8/2016) mengatakan, pihak Polda segera melakukan penegakkan hukum terhadap kegiatan tembang ilegal di TNLL.

“ Dalam waktu dekat akan segara kami tertibkan, apapun alasannya tidak boleh lagi ada penambang yang secara ilegal  masuk dalam kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL)” katanya.

Ia menambahka, langka penegakan hukum dengan menggunakan kekuatan dan personel gabungan semua unsur instansi terkait lainnya dalam menertibkan para penambang. Jika ada warga yang kembali menambang, lanjut dia, yang bersangkutan langsung diamankan dan diseret ke pengadilan untuk menjalani proses hukum.

Lebih lanjut ia menjelaskan, jika ada pihak kepolisian yang terlibat dalam masuknya kembali para penambang di TNLL akan ditindak tegas. Bahkan, akan diproses secara hukum .

“ Pokoknya jika ada anggota saya yang bermain apalagi membantu para penambang melakukan aktivitas tambang di kawasan TNLL akan kami tindak tegas,” jelas Hari.

Dongi-Dongi masuk dalam kawasan TNLL yang merupakan salah satu dari sejumlah cagar biosfer yang ada di dunia ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 1977. Dimana Luas areal TNLL secara keseluruhan mencapai 217.000 hektare itu sebagian masuk Kabupaten Poso dan Sigi. IKI

Muhammad Rifki

View all posts