BESUSU BARAT, MERCUSUAR– Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Suluttenggo Area Palu secara resmi menyediakan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) pada empat titik area public. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi keamanan dan aksi pencurian listrik yang dilakukan oleh sejumlah pedagang.

Mewakili Wali Kota Palu, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Palu, Ridwan Karim
mengaku sangat mengapresiasi langkah PLN dalam mengadakan SPLU ini, karena tentu saja memberikan banyak manfaat terutama bagi masyarakat kecil. “Dari pengalaman kami, dahulu pernah ada kejadian satu orang pedagang meninggal karena listrik yang tidak aman, mengambil pasokan ilegal dari PJU, harapan kami dapat ditambah lagi SPLU di tempat-tempat strategis lainnya,”  kata Ridwan, saat peresmian penggunaan SPLU di Anjungan Nusantara, Selasa (31/1/2017).

Sementara, General Manager PLN Wilayah Suluttenggo, Baringin Nababan menjelaskan,‎ demi menjangkau tempat-tempat umum yang belum mendapatkan arus listrik, PLN berkomitmen untuk memberikan arus listrik resmi lewat pengadaan SPLU dan ini merupakan yang pertama di Sulawesi.

“PLN selama ini hanya melayani pelanggan-pelanggan tetap, artinya hanya ada di bangunan-bangunan yang sudah permanen. Sementara di tempat-tempat umum, seringkali tidak didapatkan layanan PLN, padahal ditempat umum itu banyak sekali dibutuhkan listrik,” ujar Baringin.

Diharapkan SPLU ini dapat meningkatkan UKM yang ada di Kota Palu, khususnya para pedagang yang membutuhkan sambungan listrik di tempat umum. SPLU ini juga merupakan bentuk dukungan PLN terhadap Pemda Kota Palu dalam membangun perekonomian Kota Palu.

PLN Area Palu telah memasang SPLU di empat titik keramaian di Kota Palu, diantaranya anjungan Pantai Jalan Rajamoili, Taman GOR Jalan Moh Hatta, Kawasan Taman Ria (depan Palu Grand Mall) dan Kompleks Palu Plaza.

Rencana ke depannya PLN Area Palu akan menambah 4 SPLU lagi di pusat-pusat keramaian. Mekanisme penggunaannya sama seperti layanan listrik prabayar, yaitu dengan Pedangan dapat membeli token listrik (stroom) prabayar di Payment Point Online Bank (PPOB), ATM, Kantor Pos, maupun loket pembayaran lainnya, lalu nomor token yang telah dibeli, dapat di isi pada SPLU yang terpasang, maka listrik dapat digunakan secara baik sama halnya dengan listrik yanga ada dirumah-rumah, sehingga resiko penggunaan listrik curian dengan menyambung dari Penerangan Jalan Umum (PJU).

Ditambahkan  Manajer PLN Area Palu Emir Muhaemin bahwa SPLU sangat berkaitan dengan perkembangan teknologi dan berbagai permasalahan listrik di masa depan, Emir yakin kehadiran SPLU mampu menjawab tantangan tersebut. ABS

Harian Mercusuar

View all posts