KAMONJI, MERCUSUAR – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulteng mengapresiasi terselenggaranya pendidikan dan latihan (Diklat) Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) karena kegiatan tersebut memberikan pemahaman, pendalaman serta pencerahan terhadap Tutor KUM. Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas Kepala UPT PKB PNFI Sulteng yang juga Sekretaris Dinas Dikbud Sulteng Drs Abdul Raaf Malik MSi mewakili kepala dinas pada pembukaan Diklat Tutor KUM di aula Kasiromu UPT PKB PNFI Sulteng, Jalan Tolambu, Kelurahan Kamonji, Kecamatan Palu Barat, Senin (14/11/2016) malam.

Dikatakan, kegiatan ini bertujuan memberikan penguatan pemahaman tentang program pendidikan KUM , memberikan pencerahan dan kritikal review terhadap pentingnya program pendidikan KUM. Selain itu, melalui kegiatan ini peserta dapat mendalami kompetensi tentang program keaksaraan dalam meningkatkan kompetensi kinerja dan profesionalisme tenaga tutor KUM. Selain itu juga untuk meningkatkan pemahaman tentang tugas pokok dan pendidikan KUM di Sulteng.

Ia pun berharap kegiatan serupa tahun depan bisa lebih baik. Bisa jadi kegiatannya dilaksanakan di tingkat kabupaten tergantung proposal yang diajukan dari masing-masing pamong.

“Sudah saatnya kita tunjukkan kinerja kita sebagai tutor keaksaraan yang profesional di bidangnya masing-masing dengan memberikan bukti melalui sikap dan perbuatan yang baik dan menghilangkan sifat-sifat negatif selama ini yang akan merugikan diri kita sendiri dan orang lain. Kata orang bijak, ucapan disertai perbuatan,” tukasnya yang dilanjutkan dengan membuka secara resmi kegiatan ini.

Sementara itu, ketua panitia Drs Krisna Jaya dalam laporannya mengatakan melalui kegiatan ini pihaknya berharap kompetensi, profesionalisme dan daya saing tutor KUM meningkat dalam menyambut era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Diklat Tutor KUM diikuti 40 peserta, yakni Kota Palu sebanyak 4 orang dan utusan kabupaten lain se-Sulteng masing-masing 3 orang. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Kepala UPT PKB PNFI Sulteng dan pamong belajar. Kegiatan berlangsung selama empat hari sejak Senin (14/11/2016) hingga Kamis (17/11/2016). Materi yang diajarkan berkaitan dengan kebijakan UPT PKB PNFI Sulteng, konsep pendidikan KUM, strategi dan metode pendidikan, perencanaan pembelajaran, penyusunan bahan ajar, penilaian pembelajaran, pemasaran hasil usaha serta psikologi pendidikan orang dewasa. DAR

Harian Mercusuar

View all posts