TONDO, MERCUSUAR – Menyongsong momen pemilihan rektor (pilrek) Universitas Tadulako (Untad) tahun 2019 mendatang, Ikatan Alumni Universitas Tadulako (IKA Untad) turut ambil bagian untuk mengawal proses demokrasi tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Koordinator Presidium Pengurus Pusat IKA Untad, Dr Muhd Nur Sangadji, DEA, Senin (12/2/2018). Kata dia, untuk mengawal proses demokrasi tersebut, IKA Untad berencana menggelar dialog publik, yang akan membahas kriteria rektor yang diharapkan para alumni dan masyarakat.

“Dialog ini adalah sarana untuk menyampaikan pesan moral dari IKA Untad tentang harapan untuk mencari sosok rektor yang berkualitas. Langkah seperti ini juga dilakukan oleh kampus lain di Indonesia, seperti UI dan UGM,” jelasnya.

Kata Dr Nur Sangadji, lewat dialog ini nantinya, universitas harus menjadi contoh proses fit and proper test (uji kelayakan), bagi para calon nahkodanya. Alumni Untad kata dia, menginginkan keberhasilanb kepemimpinan yang setara, atau bahkan lebih dari pemimpin saat ini, yang menurutnya menorehkan pencapaian yang luar biasa.

“Kita ingin mendapatkan pemimpin yang punya kapasitas dan berwawasan global, berjiwa nasionalis, punya ciri ke-Indonesia-an yang hebat, serta kemampuan secara akademiknya bisa dipertanggungjawabkan, sehingga diharapkan nantinya dapat membawa gerbong akademisi ke arah peningkatan kualitas alumni dan pembangunan di masyarakat,” ujarnya.

Selain itu kata dia, calon pemimpin Untad kedepannya, juga harus mampu mengemban Catur Garba Ilmiah serta Tri Dharma Perguruan Tinggi. Catur Garba Ilmiah sendiri, di dalamnya terdapat empat unsur yaitu alumni, orang tua, mahasiswa, pengajar.

Alumni merupakan salah satu unsur penting, karena mereka merupakan cermin keberhasilan proses akademik di kampus. Apa yang dilakukan oleh seorang alumni, jika tidak berhasil, maka menjadi cerminan buruk bagi almamaternya,” jelasnya.

Dialog publik untuk mencari figur rektor Untad yang mumpuni ini, rencananya akan digelar pada akhir Februari atau awal Maret 2018 mendatang, dirangkaikan dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IKA Untad. JEF

 

Harian Mercusuar

View all posts