PARMOUT,MERCUSUAR- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Parigi Moutong (Parmout), Senin (12/2/2018) menetapkan  tiga Pasangan Calon (Paslon) yang ikut pada pesta dekokrasi Pemilihan kepala Dearah (Pilkada) di Kabupaten Parmout.

Pada Pilkada di Parmout kali ini tanpa calon independen, dimana Pasangan Anwar Saing – Asrudin (ANNAS) dinyatakan tidak lolos oleh KPU karena syarat dukungan KTP tidak memenuhi jumlah minimal dukungan sebanyak 25.580.

Sementara tiga Paslon yang lolos yaitu, Samsurizal-Badrun (SABAR), Erwin Burase-Rahmati M. Nur (ERABARU) dan Ambrullah Almahdaly-Yufni Bungkudapu (AMIN).

Ketua KPUD Parmout, Amelia Idris pada Rapat Pleno mengatakan, berdasarkan hasil rekapitulasi atas syarat dukungan perbaikan yang dilakukan KPUD Parmout, syarat dukungan pasangan independen yang memenuhi syarat hanya 19.792, sehingga pasangan tersebut dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk ditetapkan menjadi Paslon.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) KPUD Parmout, tentang penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Parmout pada Pilkada Parmout tahun 2018, memutuskan dan menetapkan Samsurizal-Badrun (SABAR) yang diusung oleh Partai Gerindra, PBB, PKS, PPP, PAN dan PDI Perjuangan, Erwin Burase-Rahmati M. Nur (ERABARU) yang diusung oleh Partai Golkar dan PKB serta Ambrullah Almahdaly-Yufni Bungkudapu (AMIN) yang diusung oleh Partai Demokrat dan Hanura.

Ketiga Paslon tersebut nantinya akan mengikuti pengundian nomor urut yang akan diselenggarakan hari ini Selasa (13/2/2018). Selain itu pihak  KPU Parmout juga saat membacakan keputusanya dihujani berbagai instrupsi dari beberapa tim pemenganan Paslon yang menghadiri rapat pleno tersebut. Salah satunya Ketua DPC Partai Demokrat Nur Dg Rahmatu pengusung Paslon AMIN.

Nur Dg Rahmatu mengatakan, untuk peraturan pemerintahan nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS, peraturan pemerintahan nomor 42 tahun 2004 tentang kode etik PNS, PKPU nomor 15 tahun 2017 tentang pelaksanaan Pilkada, serta peraturan Bawaslu secara nasional yang ditekankan oleh KPK dan merupakan instruksi kepada seluruh kepala daerah agar peserta dalam Pilkada tidak main-main dalam pelaksanaan pesta demokrasi ini.TIA

 

Harian Mercusuar

View all posts