MORUT, MERCUSUAR – Pembangunan pelabuhan peti kemas segera terwujud di Kota Kolonodale, Kabupaten Morowali Utara. Hingga saat ini pemerintah setempat tinggal menyisakan pekerjaan rumah sekira 20 persen lagi untuk merealisasikan Mega proyek itu.

Kepala Dinas Perhubungan, Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Morowali Utara, Roy Tobigo, mengatakan proses lobi-lobi kepada pemerintah pusat terus dilakukan agar pelabuhan ini segera terbangun.

Ia menuturkan sejauh ini, rencana tersebut sangat dapat segera terwujud, lantaran laut lingkar Kolonodale salah satu lokasi yang strategis untuk pembangunan pelabuhan peti kemas dikarenakan memiliki teluk yang baik dan teduh sebagai tempat sandaran kapal-kapal besar.

“Prosesnya di pusat (Kementerian Perhubungan) terus berjalan. Kami sudah beberapa kali melakukan pertemuan disana. Saat ini tinggal 20 persen lagi persyaratan secara administrasi yang kami harus selesaikan, setelah itu rencana ini akan terwujud dengan nilai proyek kurang dari Rp200 miliar ” katanya, belum lama ini.

Ia menyatakan bahwa pemerintah pusat telah mendukung program tersebut yang memang sangat diharapkan Bupati Morowali Utara, Aptripel Tumimomor untuk mendukung sirkulasi ekonomi daerah setempat menjadi lebih baik dan efisien.

Banyak produk kualitas ekspor di Morowali Utara yang saat ini tidak dapat dikeluarkan dari wilayah itu lantaran proses pengirimannya tidak dapat dilakukan. “Salah satunya jagung, kami sudah melakukan survei tiap tahun 200 ton jagung hanya terbuang percuma di sekitar aliran sungai laa (Kecamatan Petasia Timur dan Barat) tidak dapat diolah. Padahal kalau di luar daerah produk ini sangat dibutuhkan,” jelasnya.

Kemudian Morowali Utara memiliki kebun karet yang sangat luas, namun pengiriman bahan baku utama produk berbahan karet ini tidak dapat dilakukan di daerah setempat. “Mereka harus membawa karet sampai ke Kabupaten Donggala baru bisa dikirim. Ini yang menjadi salah satu faktor sehingga kita harus memiliki fasilitas pelabuhan peti kemas,” tandasnya. VAN

Harian Mercusuar

View all posts