SIGI, MERCUSUAR – Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Sigi menerima bantuan satu unit alat berat jenis eskavator dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (RI).  Penyerahan  dilakukan di halaman gedung DPRD Kabupaten Sigi, Sabtu (23/9/2017).

Kepala DKPP Kabupaten Sigi, Rahmad Iqbal Nurchalish  mengatakan bantuan tersebut diberikan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya atas usulan DKPP Sigi tahun 2016.  Katanya, bantuan alat berat tersebut dalam rangka pengembangan kawasan perikanan di Kabupaten Sigi.

Alat berat tersebut selanjutnya akan dikelola oleh kelompok budidaya ikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani, khususnya petani pembudidaya ikan.

“Diharapkan, dengan adanya bantuan alat berat tersebut budidaya perikanan di Sigi  makin maju dan berkembang. Hal itu sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, yakni mewujudkan ekonomi masyarakat yang maju, mandiri, berbasis ekonomi kerakyatan,” jelasnya.

Selain untuk pengembangan kawasan, alat berat tersebut diharapkan pula dapat mendorong  produksi perikanan, terutama kawasan yang memiliki potensi unggulan di kawasan budidaya ikan air tawar dengan jenis  ikan seperti nila, mas, patin dan ikan Lele.

Tersedianya alat berat ini juga akan mempermudah pembangunan infrastruktur untuk pencetakan kolam ikan sebab kelompok pembudidaya ikan tidak repot lagi membuat kolam ikan.

Menurutnya, bantuan untuk kelompok budidaya ikan itu akan dievaluasi  setiap tiga bulan sekali. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kelompok budidaya ikan tersebut  memanfaatkan alat berat yang sudah mereka terima.

“Diimbau kepada masyarakat, bantuan ini tidak dipungut biaya, namun alat berat ini  bisa disewakan kepada kelompok budidaya ikan yang bukan pengelola alat berat tersebut,”tutupnya. AJI