PALU, MERCUSUAR – Beberapa hari ini pesan melalui perangkat What App (WA) mengatasnamakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) beredar di telepon genggam masyarakat dengan judul ‘News Flash’.

Dari pantuan Mercusuar, Rabu (19/10/2017). Pesan itu dengan cepat menyebar di WA pribadi dan grup warga. Tidak sedikit yang menilai pesan itu sangat penting untuk diketahui setiap orang sebagai prosedur keamanan data prbadi yang terdapat pada bank masing-masing.

“Saya baru saja meneruskan pesan ini kepada saudara-saudara saya jangan sampai mereka menjadi korban,”kata Ani pengguna WA belum lama ini.

Namun, terkait pesan tersebut, Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulteng belum bisa memastikan kebenarannya sebab informasi tersebut langsung dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Belum ada imbauan ini masuk ke kami. Coba konfirmasi kepada staf Kementerian tapi saya tidak tahu namanya siapa,”kata Kabid Dinas Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulteng, Mada, sembari menyodorkan nomor telepon genggam staf Kemkominfo.

Ketika dikonfirmasi kepada staf Kemkominfo itu, ia juga mengaku belum mendengar pesan tersebut walaupun mengatasnamakan Kementerian itu sendiri. Namun terkait kebijakan registrasi simcard merupakan kebijakan langsung dari Menteri Kominfo agar setiap warga negara yang ingin melakukan registrasi simcard diharapkan mengisi data-data pribadinya.

‘Tapi belum ada informasi tentang ibu kandung. Tunggu  saya tanyakan dulu kepada humasnya,”kata staf tersebut.

Sekedar diketahui, pada pesan WA yang mengatasnamakan Kemkominfo menuliskan agar masyarakat berhati-hati dalam melakukan registrasi ulang simcard dengan mengisi data-data pribadi seperti nomor KTP dan Kartu Keluarga (KK). Disebutkan pula bila selama masa registasi warga mendapati permintaan informasi nama Ibu Kandung, diharapkan segera menutup dan mengabaikan permintaan tersebut karena terindikasi ingin mencuri data-data pribadi untuk menerbos ke rekening warga. INT

Harian Mercusuar

View all posts