SIRANINDI, MERCUSUAR – Kantor Urusan Agama (KUA) Palu Timur menyerahkan bantuan bahan makanan kepada Panti Asuhan Putri Baitul Yatim di kompleks Alkhairaat Pusat Palu, Selasa (11/10/2016). Bahan makanan berupa telur, mi instan, ikan dalam kemasan kaleng, minyak goreng, gula, sirup dan beras tersebut diserahkan bertepatan dengan 10 Muharram atau Hari Asyura atau hari untuk berbagi kepada anak yatim piatu.

Kepala KUA Palu Timur Tasdir Rasada SAg mengatakan partisipasi para penyuluh, penghulu dan seluruh staf KUA Palu Timur dalam kesempatan ini sesuai dengan program dan amanat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulteng Drs H Abdullah Latopada MPdI. Dimana penting bagi para Aparatur Sipil Negara Kemenag Sulteng untuk senantiasa menumbuhkan kepedulian terhadap sesama.

Pada peringatan 10 Muharram tahun ini, pihaknya memilih berkunjung ke Panti Asuhan Baitul Yatim yang dikelola Pengurus Pusat Wanita Islam Alkhairaat.

“Ke depan akan digilir lagi ke panti asuhan lain dengan momentum yang berbeda. Saat ini, (bantuan yang diberikan) bertepatan dengan Hari Asyura, Hari Anak Yatim,” jelas Tasdir.

DISUGUHI BUBUR ASYURA

Kunjungan tersebut mendapat sambutan dari pengelola panti. Rombongan KUA Palu Timur bahkan disuguhi Bubur Asyura. Bubur ini terdiri dari tujuh jenis bahan. Selain kacang ijo, Bubur Asyura merupakan kolaborasi apik antara ubi jalar, pisang, labu, santan dan gula merah plus daun pandan  sebagai pengharum sajian.

Pengelola Panti Baitul Yatim, Ustadzah Nurhayati mengatakan bubur ini selalu dibuat dan disantap bersama seluruh penghuni panti pada 10 Muharram. Panti khusus putri ini dihuni 35 anak. Mereka berasal dari sejumlah daerah di Sulteng seperti Panti Timur Kabupaten Parigi Moutong, Kulawi Kabupaten Sigi, bahkan dari Kabupaten Tolitoli. Ada juga remaja putri yang datang dari Ternate, Maluku Utara.

Sebagian besar penghuni adalah anak yatim. Sementara seluruhnya pada pagi hingga siang hari disekolahkan di SMK Alkhairaat Pusat Palu.

“Setelah itu mereka mondok,” tambah Ustadzah Nurhayati didampingi Ustadzah Hj Rohani Taher, juga pengelola panti. Ia mengaku selama ini sangat terbantu dengan perhatian yang diberikan para dermawan, termasuk kepedulian yang ditunjukkan Kepala Kanwil Kemenag Sulteng dan jajarannya bersama pegawai KUA Palu Timur pada kesempatan tersebut. DAR

Komentar

komentar

Indar Ismail

Lihat semua tulisan