PALU, MERCUSUAR – Para penyandang disabilitas atau mereka yang punya keterbatasan diri, juga berharap perwakilan mereka bisa diakomodir sebagai Calon Legislatif (Caleg) mulai tingkat DPRD Kota dan DPRD Provinsi.

Keinginan ini, sering mereka suarakan setiap kali ada pertemuan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) baik Kota maupun Provinsi.

“Kalau ada peluang dan kesempatan untuk bisa jadi Caleg, kenapa tidak. Kita berharap, ada ruang buat para penyandang disabilitas,” ujar ketua Pusat Pemilihan Umum Akses Disabilitas (PPUAD) Sulteng, Nansi Susana Supit usai dilantik di Gedung Pogombo Kantor Gubernur, Senin (20/11/2017).

Perempuan yang sehari – harinya diteman tongkat ditangan ini mengaku, sangat berharap juga ada wakil dari mereka para penyandang disabilitas yang maju sebagai Caleg.

Menanggapi hal itu, Komisioner Devisi Sosialisasi, Pendidikan dan SDM KPU Sulteng, Nisbah mengatakan memang di dalam Undang – Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemiliha Umum (Pemilu), tidak ada aturan khusus yang melarang para penyandang disabilitas untuk menjadi Caleg.

“Keinginan dan masukkan dari para penyandang disabilitas ini, akan dilakukan pemetaan untuk pembuatan PKPU terkait pencalonan Caleg nanti,” ujarnya saat ditemui di lokasi yang sama.

Dikatakan, jika melihat komposisi penduduk di Sulteng dan Kota Palu secara khusus, memang harus diakomodir karena kebutuhan para penyandang disabilitas tentu berbeda dengan masyarakat pada umumnya.

“Nanti kita akan liat, kalau memang memungkinkan kenapa tidak Caleg dari perwakilan difabel harus ada juga. Jika popularitas dan elektabilitasnya baik, ya Partai Politik juga harus mengapresiasi mereka,” ujar Nisbah.

Dia menambahkan, pada prinsipnya di dalam Undang – Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, tidak ada aturan yang mengatur secara spesifik tentang keberadaan difabel ini. Namun KPU, selalu memberikan akses kepada mereka terkait dengan Pemilu agar dapat juga menyalurkan suaranya.

“Semunya tergantung Partai Politik, apakah mau mengakomodir Caleg dari perwakilan difabel ini atau tidak, karena Caleg harus diajukan oleh Partai,” tutupnya. FUL

Harian Mercusuar

View all posts