SIGI, MERCUSUAR – Pengelola sekolah seperti kepala sekolah, guru dan komite se Kecamatan Sigi Biromaru dilatih menyusun Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS), Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS) untuk pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) pendidikan dasar (Dikdas).

Demikian dikatakan Kepala Seksi (Kasi) Peserta Didik pada Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sigi, Yohana Rita Padendenan, Jumat (26/5/2017).  Pelatihan angkatan ke II tersebut dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal 19-20 Mei 2017, dilanjutkan dengan rapat evaluasi selama dua hari yakni tanggal 26 -27 Mei 2017.

“Dalam kegiatan tersebut pengelola sekolah seperti Kepala Sekolah, guru dan Komite, diharapkan dapat memahami tugas dan perannya masing-masing dalam penerapan SPM pendidikan dasar, serta memahami masalah penerapan pendidikan dasar di sekolah dan solusinya,” jelasnya.

Kata dia, kegiatan ini menjadi acuan para guru, kepsek dan komite untuk meningkatkan pengetahuannya tentang standar pelayanan minimal, sehingga mereka akan mudah dalam menyusun RKAS, RKS dan RAPBS.

Hasil yang diharapkan dalam kegiatan ini adalah peserta dapat mendiskripsikan atau menjelaskan konsep dasar SPM Dikdas, dapat menyebutkan 27 indikator SPM Dikdas, dapat menyebutkan perannya serta memahami permasalahan di sekolah dan mencarikan solusinya.

“Peserta agar mengetahui standar pelayanan minimal, sehingga ilmu yang diperoleh dapat diterapkan di tempat tugasnya masing-masing,” tandasnya. AJI

Komentar

komentar

Harian Mercusuar

Lihat semua tulisan