LOLU UTARA, MERCUSUAR – Balai Bahasa Sulteng melakukan penyuluhan bahasa Indonesia bagi pengelola media cetak dan elektronik se-kota Palu di Hotel Sentral, Jalan Monginsidi, Kelurahan Lolu Utara, Kecamatan Palu Timur, Selasa (2/8/2017). Penyuluhan bahasa ini diikuti puluhan pengelola media dan wartawan.

Kepala Balai Bahasa Sulteng, Adri mengatakan, penyuluhan bahasa Indonesia bagi pelaku media tidak lain untuk mengembangkan cara berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Sehingga, penulisan kalimat dalam media cetak dan elektronik dapat dipahami pembaca.

Penggunaan dan penulisan bahasa Indonesia sangat penting untuk dipelajari. Kurangtepatan dalam pilihan kata, akan mengakibatkan tulisan kurang berbobot dan bernilai. Bahkan, pembaca atau pendengar akan menilai bahwa penulis berita kurang mampu menggunakan kosakata bahasanya.

Herawati selaku pemateri dalam penyuluhan mengatakan, semakin sedikit penguasaan kosakata berarti semakin sempit ruang lingkup pilihan kata. Hal itu menurut dia, bukan berarti seorang penulis wajib mengusai kosa kata seperti yang terdapat di dalam kamus, melainkan mampu menggunakan kata secara cermat dan tepat sesuai tujuan dan keperluannya.

Ia mengatakan, bahasa jurnalistik adalah bahasa komunikasi yang  mudah dibaca oleh pembaca. Kata dan kalimat yang disampaikan tetap taat pada kaidah tata bahasa dan memperhatikan ejaan yang benar.

“Menguasai kotakata untuk memperkaya penulisan tanpa menghilangkan makna dari berita itu sangat perlu. Yang paling penting, kita harus mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar lewat tulisan pemberitaan,” katanya.

Tahun ini, penyuluhan bahasa Indonesia yang digelar Balai Bahasa Sulteng mengusung tema “Peran media massa dalam mencerdaskan kehidupan bangsa indonesia khususnya dalam kegiatan  berkomunikasi menggunakan bahasa indonesia” ini diharapkan memberikan pemahaman terhadap peunggunaan bahasa Indonesia secara tepat. Penyuluhan dilaksanakan selama tiga hari yakni tanggal 2-4 Agustus 2017.IKI

Harian Mercusuar

View all posts