MAMBORO, MERCUSUAR  –  Pendaftaran Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) dan Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN PK) dibuka mulai Kamis (1/2/2018) kemarin. Pendaftaran yang dilakukan secara online ini akan berlangsung sebulan hingga 28 Februari nanti.  Khusus MAN IC Kota Palu yang berlokasi di Kelurahan Mamboro, Kecamatan Palu Utara,  tahun ini akan menerima 96 peserta didik baru.

Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah, A Umar mengatakan pendaftaran secara online bertujuan agar jangkauannya bisa luas, bisa diakses oleh siapa saja. Pendaftaran MAN IC dan MAN PK mengikuti prinsip transparansi, akuntabel dan objektif.

“Tahun 2018 ini ada 22 MAN Insan Cendekia dan 10 MAN Program Keagamaan yang membuka Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB),” lanjutnya, sebagaimana dilansir dari laman Kemenag, Kamis (1/2/2018).

MAN IC dan MAN PK merupakan model madrasah unggulan di Indonesia. MAN IC bertujuan mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi di bidang Keimanan dan Ketaqwaan serta menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Sedangkan MAN PK adalah madrasah yang memiliki peminatan keagamaan yang berbasis asrama.

  1. Umar menyatakan bahwa kedua madrasah unggulan ini selalu menjadi rebutan oleh calon-calon peserta. Oleh sebab itu, seleksi peserta didik baru dibuka secara online. Umar menambahkan, seleksi MAN IC tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini, MAN IC membuka diri untuk menerima calon peserta didik dari luar negeri.

“Kita tidak ingin hanya mengirimkan siswa ke luar negeri. Sebagai Negara yang konsen pada pengembangan pendidikan Islam, kita juga ingin menerima peserta didik dari luar negeri,” tambah Umar.

Terkait dengan penerimaan peserta didik dari luar negeri ini, Dirjen Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin, secara khusus menegaskan bahwa langkah ini merupakan salah satu usaha penting untuk mewujudkan visi pendidikan Islam di Indonesia sebagai destinasi atau kiblat studi Islam dunia.

SNPDB MAN Insan Cendekia tahun ini juga bisa ditempuh dengan melalui jalur tes, jalur luar negeri, dan jalur prestasi. Sedangkan, SNPDB MAN Program Keagamaan bisa ditempuh melalui jalur regular (tes) dan jalur prestasi. Dari 22 MAN IC di Indonesia, total  yang akan ditrerima tahun ini adalah 2.084 peserta didik.  Sementara itu, untuk MAN Program Keagamaan, dari 10 MAN, peserta didik yang akan diterima mencapai 432 putra dan putri.  DAR/*

Harian Mercusuar

View all posts