POSO, MERCUSUAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso saat ini membuka pendaftaran bagi 10 tenaga ahli non PNS bidang teknologi informatika dan sistem informasi. Ke 10 tenaga ahli ini selanjutnya akan disebar di lima organisasi perangkat daerah (OPD) dalam lingkup Pemkab Poso.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Poso, Yan Guluda menyatakan, kelima OPD yang akan menjadi tempat bekerja ke 10 tenaga ahli itu yakni, Bapelitbangda, Badan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Kominfo, Bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP) Setdakab Poso dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu.

“Kelima OPD itu saat ini membutuhkan tenaga ahli di bidang komputer sehingga Pemkab Poso membuka peluang untuk pendaftaran tenaga ahli non PNS yang akan dikontrak selama satu tahun dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan,” kata Yan Guluda, Senin (5/2/2018).

Dari kesepuluh tenaga ahli tersebut, tiga orang di antaranya menguasasi network engineer serta 7 tujuh orang lainnya di bidang programmer.

Menurut Yan Guluda, kebutuhan akan tenaga ahli bidang tehnologi informatika dan sistem informasi tersebut, merupakan bagian dari rekomendasi BPK RI dan program Kementerian Keuangan yang disampaikan dalam pertemuan di Sumatera Utara, belum lama ini.

“BPK bersama Menteri Keuangan merekomendasikan agar pemda di seluruh Indonesia mempekerjakan tenaga IT komputer untuk mendukung tugas tugas yang ada. Jadi ini berlaku di semua daerah di Indonesia,” ujar Yan Guluda.

Seluruh tenaga ahli non PNS yang akan dikontrak kata Yan akan menerima insentif dari Pemkab Poso melalaui dana APBD yang akan dibayarkan melalui BKPSDM Poso.

“Proses perekrutan dan pembayaran insentifnya melalui BKPSDM,” jelasnya

Disampaikan Yan Guluda, ada beberapa alasan sehingga perekrutan pegawai non PNS di bidang tenaga ahli komputer ini dilakukan. Salah satunya adalah, karena terbatasnya kemampuan para PNS dibidang tersebut dalam mendukug kinerja OPD yang bersangkutan.

“Karena itu pemerintah pusat melalui BPK dan Menteri Keuangan merekomendasikan untuk memperkerjakan tenaga ahli dibidang komputer dan jaringan di beberapa SKPD yang membutuhkan,” terangnya.

Untuk proses pendaftaran, lamaran bisa diantar langsung ke kantor BKPSDM Poso Jalan Jenderal Sudirman Nomor 01 Kecamatan Poso Kota Utara paling lambat pada 9 Februari 2018. “Jika ada hal hal yang ingin ditanyakan bisa langsung datang ke kantor BKPSDM Poso,” tandasnya. ULY

Harian Mercusuar

View all posts