PARMOUT, MERCUSUAR – Pelayanan informasi publik harus transparan sesuai perintah undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, Rabu (28/9/2016).

Dasar itulah sehingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parigi Moutong (Parmout) melalui Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) menggelar pelatihan pelayanan informasi publik bagi pejabat pengelola informasi dan dokumentasi tingkat kabupaten untuk kedua kalinya.

Ketua Panitia, Jeprin S Paudi mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk mempelajari tata cara pelayanan dan pengelolaan informasi publik yang ideal dilingkungan pemerintah kabupaten Parigi moutong.

Berdasarkan peraturan pemerintah republic Indonesia nomor 61 tahun 2010 tentang pelaksanaan undang-undang nomor 14 tahun 2018 dan permendagri nomor 35 tahun 2010 tentang pedoman pengelolaan, pelayanan informasi dan dokumentasi dilingkungan kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.

Ditambahknya bahwa pelatihan tersebut diikuti sebanyak 76 peserta yang    merupakan pejabat pengelola informasi dan dokumentasi yang tersebar di setiap SKPD dan Kecamatan di Kabupaten parigi moutong.

Sementara itu wakil bupati parigi Moutong H badrun Nggai, dalam sambutannya saat membuka pelatihan Pengelola informasi public bagi pejabat pengelola pelayanan informasi dan dokumentasi tingkat kabupaten parigi moutong mengatakan selaku kepala daerah, pihaknya menyambut positif sekaligus memberikan apresiasi kepada bagian humas sekretariat daerah kabupaten parigi moutong yang telah menggagas kegiatan ini, sebagai upaya kita bersama dalam mendorong keterbukaan informasi publik di kabupaten parigi moutong.

Menurutnya mendukung penuh implementasi undang-undang keterbukaan informasi publik di kabupaten parigi moutong merupakan bentuk dukungan dan dibuktikan dengan di  tunjukan dengan menyebar 100 unit wifi internet secara gratis di tempat-tempat fasilitas publik di kabupaten yang tersebar di seluruh kecamatan kabupaten parigi moutong.

“insya allah 100 wifi gratis ini akan dilauching pada acara puncak festival pesona teluk tomini 2016 di kabupaten parigi moutong. dengan adanya wifi gratis ini tentunya akan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memeperoleh akses informasi dan berkomunikasi melalui sarana teknologi informasi” tandasnya.

Olehnya itu pihaknya berharap melalui  pelatihan tersebut kepada peserta pelatihan untuk mengikuti kegiatan dengan baik menurutnya ,berbagai hal menyangkut substansi undang-undang keterbukaan informasi publik serta bagaimana pengelolaan dan pelayanan informasi yang ideal di kabupaten parigi moutong bisa diketahui oleh para peserta pelatihan yang notabene adalah anggotaPPID, sehingga bisa diimplementasikan di skpd-nya masing-masing. TIA

Harian Mercusuar

View all posts