PALU, MERCUSUAR – Jalan SIS Aljufri, Palu Barat, mulai diramaikan oleh sejumlah pedagang kaki lima. Kebanyakan adalah penjual busana muslim  musiman khusus di bulan puasa. Sejumlah pedagang mengaku kegiatan ini kawasan religi itu sudah menjadi agenda rutin setiap tahun.

Salah seorang pedagang, Fadli (42) mengatakan di bulan puasa, masyarakat banyak yang ingin mencari busana muslim. Peminatnya juga selalu ramai dengan berkunjung di kawasan religi ini. “Saya sudah mulai berjualan busana muslim dari 15 tahun yang lalu. Modal yang saya keluarkan hampir Rp100 jutaan. Jualan di bulan puasa biasanya keuntungan mencapai Rp10 jutaan,” ujarnya, Rabu (24/5/2017).

Lain lagi dengan Kasma (40) yang melakoni usaha jualan busana muslim sejak lima tahun terakhir. Ia mengaku sangat menanti momen bulan puasa karena banyak peminat busana muslim yang berkunjung di kawasan religi untuk berbelanja. Biasanya keuntungan berjualan selama satu bulan mencapai Rp 5 juta-an dengan modal usaha mencapai Rp70-an juta.

Sedangkan Umar (50), yang juga sudah berdagang busana muslim sejak beberapa tahun silam, mengatakan keuntungan dari berdagang ini tidak menentu setiap tahun. Jika dua tahun lalu pembelinya begitu ramai, tahun 2016 pembeli agak sepi. Karena itu di tahun ini ia mengharapkan bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Pedagang busana muslim di sekitar kawasan religi biasanya dikenakan biaya sewa tempat seharga Rp750 ribu per meter. Sewa tempat tersebut diberlakukan oleh pemilik rumah yang halamannya ditempati untuk berdagang. Ukuran luas wilayah yang diambil dari setiap pedagang pun beragam mulai dari 2 sampai 5 meter atau tergantung dari kebutuhan dan modal  usahanya.

Sementara itu, jenis pakaian muslim yang dijual di kawasan religi itu di antaranya peci, baju gamis, celana bahkan  sandal, dengan berbagai model, baik untuk pria maupun wanita.  Selain itu ada juga sajadah, parfum dan kurma untuk melengkapi kebutuhan belanja lainnya. Sejumlah pedagang telah melakukan persiapan seminggu untuk membangun tempat jualan, dan biasanya aktivitas berjualan tersebut mulai ramai sehari sebelum puasa hingga menjelang hari lebaran. AGUNG

Harian Mercusuar

View all posts

Latest videos