PARMOUT, MERCUSUAR – Setelah diresmikan oleh Menteri Perhubungan RI, Ignatius Jonan April lalu, hingga kini pelabuhan penyeberangan Toboli di Kecamatan Parigi Utara belum juga difungsikan.bahkan sejumlah fasilitas yang ada di dermaga penyebrangan itu terkesan mubazir.

Terkait persoalan itu Bupati Parmout H.Samsurizal Tombolotutu mengaku cukup prihatin dengan kondisi pelabuhan yang cukup megah itu.

Pasalnya hinggga saat ini belum ada satu pun kapal ferry mengangkut atau menurunkan penumpangnya di dermaga tersebut. Bupati Samsurizal Tombolotutu mengatakan bahwa pengelolaan dermaga itu masih  ditangani pihak Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Laut.

Pemkab Parmout katanya hanya sebatas menyiapkan lahan untuk pembangunan dermaga tersebut. Namun demikian kata Samsurizal pihaknya sudah melakukan berbagai upaya baik menemui langsung pejabat di Kementerian Perhubungan maupun melalui surat resmi untuk meminta agar dermaga tersebut dioperasikan.

“Katanya belum ada kapal yang melalui rute dermaga Toboli. Selain itu alasan lain pihak kementerian saat ini masih masa transisi setelah terjadi pergantian Menteri Perhubungan. Namun mereka berjanji akan membahas persoalan ini setelah HUT Proklamasi Kemerdekaan RI,”akunya.

Samsurizal mengatakan kalau pihaknya lebih menginginkan adanya kapal cepat yang melintasi dermaga tersebut dibanding ferry. Kapal cepat katanya  diharapkan akan melalui rute Toboli-Togean untuk mendukung program pariwisata. Jika kapal cepat itu ada, maka wisatawan yang hendak melanjutkan perjalanan wisatanya dari Palu ke Pulau Togian tidak lagi melalui perjalanan darat melainkan melalui jalur laut menggunakan kapal cepat dari dermaga Toboli.

“Jika ada kapal cepat dari Toboli ke Togean wisatawan akan lebih tertarik sehingga Kabupaten Parigi Moutong juga akan kena imbasnya. Para wisatawan itu bisa melakukan kunjungan ke tempat-tempat wisata di daerah ini sambil menunggu kapal cepat yang akan ke Togian sehingga akan ada pemasukan bagi masyarakat maupun Pemerintah Daerah,”jelasnya.

Namun jika Pemerintah Pusat tetap mengoperasikan kapal Ferry, Samsurizal berharap agar rutenya juga melalui pelabuhan ferry di Moutong.

Samsurizal menyerahkan sepenuhnya keputusan pengoperasian dermaga yang dibangun dengan dana miliaran rupiah tersebut. Dia berharap agar dermaga tersebut segera dioperasikan agar bisa berimbas pada peningkatan perekonomian masyarakat sekaligus menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

hingga saat ini sejak dibangunya dermaga itu belum ada dampak pemasukanya kepada Pemkab Parmout.TIA

Latest videos