TANAMODINDI, MERCUSAR– Mengingat pentingnya alat kontrasepsi sebagai cara paling efektif dalam mengatur kelahiran, jarak dan mencegah kehamilan, maka peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bisa mendapat alat kontrasepsi secara gratis.

Berdasarkan aturan baru yang termuat dalam Perpres nomor 19 tahun 2016 bahwa peserta BPJS Kesehatan kini dapat menggunakan layanan KB secara gratis, yang sebelumnya layanan ini belum ditanggung BPJS Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Palu, dr. Gerry Adhikusuma mengatakan, bahwa pelayanan KB juga telah masuk program JKN, sehingga peserta dapat mendapatkan alat kontrasepsi secara gratis yang disediakan BKKBN.

“Pelayanan KB sudah masuk JKN, BKKBN dalam hal ini akan menyediakan alat kontrasepsi. Jika pun terdapapat klinik keluarga belum menyediakan alat kontrasepsi maka pasien dapat dirujuk ke faselitas kesehatan lainya,” kata dr. Gerry, dalam Rapat Kerja Daerah program Keluarga Berencana Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Palu, Rabu (112/4/2017).

Ia katakan ada empat pelayanan kesehatan yang ditanggung BPJS Kesehatan yang telah terintegrasi BKBN untuk layanan KB, yakni  KB Tubektomi dan Vasektomi dan pemasangan alat Kontrasepsi dan Konsultasi, dimana BPJS Kesehatan juga menanggung biaya untuk pemasanagan alat kontrasepsi dan konsultasi, sesuai dengan peraturan pemasangan alat kontrasepsi yang ditanggung BPJS yaitu kontrasepsi IUD Nova T dan Coper T.

“Alat KB yang ditanggung BPJS selanjutnya yaitu Suntik KB, namun aturannya yaitu KB suntik yang di tanggung BPJS adalah tiga bulan sekali. Jika anda menginginkan KB suntik sebulan sekali maka biayanya ditanggung sendiri,” ujarnya.

Sedangkan untuk penjaminan pelayanan kesehatan kehamilan, persalinan dan nifas atas peserta JKN KIS tidak dibatasi oleh jumlah kehamilan, status kepesertaan dan status pernikahan. Hal ini intinya jangan sampai ada masyarakat peserta JKN KIS yang salah persepsi, sehingga dirinya tidak bersalin di tenaga kesehatan dan difasilitasi kesehatan bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.ABS

Harian Mercusuar

View all posts