LERE, MERCUSUAR- Puluhan lukisan dari sejumlah perupa Sulawesi Tengah akan meramaikan pameran lukisan bertajuk Bumi Tadulako Art Power 2016, yang rencananya akan dibuka langsung oleh Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, hari ini, Selasa (4/10/2016). Pameran ini akan digelar di ruang pamer seni rupa Taman Budaya Sulteng hingga 8 Oktober mendatang.

Koordinator kegiatan, Zulkifli Radjamuda, Senin (3/10/2016), mengatakan, pameran ini dilaksanakan dalam rangka penguatan program taman budaya tahun 2016, hasil kerjasama Direktorat Kesenian Ditjen Kebudayaan Kemendikbud RI dengan UPT Taman Budaya Sulteng serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulteng. Menurut Zulkifli, pelaksanaan pameran ini akan dikoordinir oleh Kelompok Perupa Palu (KELORUPA), yang merupakan mitra kerja Taman Budaya Sulteng.

Terkait tujuan pelaksanaan pameran tersebut, Kepala UPT Taman Budaya Sulteng, Enong H Nawi mengatakan, pameran tersebut merupakan salah satu upaya pembinaan dan pengembangan potensi pelukis-pelukis Sulteng, sekaligus sebagai upaya mengembangkan dan meningkatkan apresiasi masyarakat, khususnya generasi muda terhadap karya-karya lukisan.

“Tujuan utamanya sendiri adalah memacu dan meningkatkan kreativitas dan produktivitas pelukis Sulteng, serta memperluas wawasan, gagasan, dan inovasi dalam berkarya,” jelas Enong.

Pameran lukisan yang dikuratori oleh ketua Dewan Kesenian Sulteng, Hapri Ika Poigi, dengan asisten kurator Jamrin Abubakar ini, akan memamerkan karya-karya dari sejumlah pelukis/perupa Sulawesi Tengah, seperti Zulkifli Radjamuda, Azis Alkatiri, Endeng Mursalin, Udin FM, Febriandy M, Muslimin, Iwan Tulang, Taufik, Rachmadia, Sachrinaldi, Elan Merdeka, Lutfi Hayun, Gift Ofallah, Yadhi Slamet, serta sejumlah karya mural dari peserta lomba lukis mural yang digelar oleh UPT Taman Budaya Sulteng, bekerjasama dengan Palu Mural Komunitas, beberapa waktu lalu. JEF