DONGGALA, MERCUSUAR –  Bupati Donggala Kasman Lassa meresmikan pabrik pupuk NPK milik PT Cipta Agro Nusantara (PT CAN) yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama di Desa Dalaka Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala, Senin (20/6/2016)

“Ketika perusahaan datang kepada saya, mau bangun pabrik ini saya langsung bilang siap! Siap saja dulu,” ungkap Bupati Kasman dalam sambutannya pada peresmian pabrik pupuk NPK pertama di Sulteng itu.

Menurutnya, Donggala saat ini sedang menuju menjadi daerah lumbung industri,  betapa tidak, pada bulan ini telah dua kali meresmikan pembangunan, sebelumnya peletakan batu pertama lokasi kota wisata di pantai Konenggati dan kali ini dihadapkan dengan pembangunan industri pabrik pupuk NPK.

“Selain itu, masih ada pabrik Tapioka dan LPG di desa tetangga Salumbone serta PLTU di desa Dalaka juga. Dan kini sedang dalam tahap pembebasan lahan,” terangnya. Untuk menjaga kelangsungan beberapa kegiatan industri tersebut serta untuk membuat desa maju, Kasman mengharapkan agar kedua desa bertetangga yakni Dalaka dan Salumbone harus bersatu padu menjaga kedamaian dan kenyamanan bagi para investor.

“Daerah maju ditunjang oleh pemerintah, masyarakat yang damai dan aman serta perusahaan. Kalau suatu daerah damai dan pengurusan administrasinya cepat hingga ada investasi maka daerah tersebut dipastikan akan maju,” lanjutnya sembari menambahkan pihaknya saat ini berkomitmen untuk mempermudah administrasi pelayanan di daerahnya agar investasi dapat berjalan lancar.

Harapan lain efek dari pembangunan yang giat dilakukan pemerintah Kabupaten Donggala yakni dengan makin banyaknya investasi akan semakin banyak menyerap tenaga kerja dan efek baik lainnya bagi Kabupaten Donggala.

Kasman yang ditanya tentang kepastian belum ada pabrik pupuk sejenis di Donggala mengatakan bahwa ini adalah pabrik pupuk NPK pertama di Sulteng. “Iya betul, ini adalah pabrik pupuk NPK pertama di Sulteng,” singkatnya.

Sementara itu Community Development Area Manager (CDAM) PT CAN, Bagus Trianggoro, dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada seluruh element Kabupaten donggala yakni pemerintah dan masyarakat Sindue serta warga Dalaka pada khususnya.

“Semoga Pabrik ini menjadi aset yang berharga dan membanggakan bagi masyarakat Kabupaten Donggala,” harapnya.

Untuk diketahui, pabrik pupuk  NPK yang berdiri diatas tanah seluas 9 Hektar ini rencananya akan mulai beroperasi pada bulan Oktober 2016, dengan kapasitas produksi sebesar 100.000 ton per tahun pada tahap awal dan tidak menutup kemungkinan kapasitasnya akan bertambah seiring waktu hingga mencapai kapasitas maksimum yakni 200.000 ton per tahun. Pabrik pupuk ini diharapkan tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan internal Astra Agro namun juga kebutuhan NPK di Sulawesi. PT CAN sendiri merupakan anak perusahaan dari PT Astra Agro Lestari.

“Jika terjadi penambahan kapasitas produksi, tentu hal ini akan diikuti dengan meningkatkan kebutuhan akan tenaga kerja,” ujar Public Relation PT CAN, Fenny Sofyan. Sementara Kades Dalaka, Aspar bersyukur dengan adanya pabrik pupuk dari group Astra ini. Untuk saat ini katanya, sudah sekitar 150 warga desanya yang dipekerjakan dalam membangun infrastruktur pabrik.

Sebelumnya, saat memasuki kompleks pabrik, rombongan Bupati disambut dengan tarian Pokambu Ose oleh dua gadis yang melempar beras kuning yang melambangkan simbol kemakmuran dan kesejahteraan atas rezeki yang berlimpah, kemudian bupati dan rombongan juga disambut dengan tarian tope aju dari sanggar seni Maradika Sindue. Tarian Tope aju adalah tarian penyambutan tamu yang dimainkan oleh lima orang pria dewasa, yang menampilkan gerakan perang antara Tadulako.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, wakil ketua DPRD Donggala Abdul Rasyid, Danlanal, pimpinan SKPD, Kapolres yang diwakili Kapolsek Sindue, Danramil Sindue, Kepala PDAM Donggala yang diwakili Kepala PDAM Unit Toaya, Camat Sindue serta kepala-kepala desa dan perangkat desa sekecamatan Sindue. RYP

Latest videos