PALU, MERCUSUAR –  Siswa MTs Negeri 3 Palu berhasil menciptakan Robot Pemberi Pakan Ternak. Dengan hasil karya tersebut, mereka akan mewakili Sulteng pada Kompetisi Robotik Madrasah Tingkat Nasional 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenang) RI.

Pada lomba tersebut, MTsN 3 Palu meloloskan dua tim pada lomba Teknologi Tepat Guna dan Lomba Robot Balap. Robot yang mereka ciptakan merupakan teknologi terbaru untuk bisa membantu masyarakat dalam memelihara ternak apapun. Jadi, robot tersebut bisa mengatur pola makan ternak sesuai yang diinginkan, mulai dari setiap jam hingga setiap hari. Jadi peternak tidak repot ketika meninggalkan hewan ternak mereka.

Kepala MTsN 3 Palu, Ahyar mengatakan sangat bangga dengan hasil karya para siswa dalam menciptakan robot. “Sebenarnya pengembangan robot di madrasah ini terbilang baru karena pelatihannya dimulai pada Oktober 2017 kemarin. Walaupun baru tetapi para siswa sudah bisa membuat hasil karya yang luar bisa yaitu robot pemberi pakan ternak. Tak hanya itu karya mereka langsung lolos pada Lomba Robot Tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh Kemenang RI,” kata Ahyar, Senin (20/11/2017).

Lomba tersebut akan dilaksanakan pada 22 – 23 November 2017 di Banten. Pada lomba tersebut pihaknya tidak menargetkan juara tetapi berusaha untuk bisa tampil maksimal. Sebab ini pertama kalinya ikut ambil bagian pada lomba robot tingkat nasional.

“Ajang ini akan kami jadikan sebagai bahan pengalaman bagi para siswa.   Sehingga ke depannya kami akan targetkan untuk bisa meraih prestasi sebanyak-banyaknya pada lomba robot,” terangnya. Pada pengembangan robot, MTsN 3 Palu mendapat bimbingan dari pihak Untad  Palu. UTM

Harian Mercusuar

View all posts