BESUSU TENGAH, MERCUSUAR – Seluruh Madrasah Ibtidaiyah (MI) secara serentak melaksanakan Ujian Akhir Madrasah untuk pelajaran agama. Ujian itu nantinya akan dilanjutkan bersamaan dengan sekolah umum tingkat SD pada 16 – 19 Mei 2017 untuk seluruh pelajaran umum.

Ujian Akhir madrasah untuk pelajaran agama yang saat ini mereka laksanakan untuk lima pelajaran agama, diantaranya Alquran Hadis, Sejarah Islam hingga Fiqih. Pendidikan ditingkat madrasah memang berbeda dengan sekolah umum, karena madrasah memiliki tambahan pelajaran di bidang agama. Jadi madrasah lebih dulu melaksanakan ujian akhir dibanding sekolah umum lainnya.

Kepala MIM Alhaq Palu, Musafir mengatakan, sudah melaksanakan ujian akhir madrasah sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat. Ujian tersebut dilaksanakan selama empat hari. Setelah ujian untuk pelajran agama nantinya para murid akan melanjutkan ujian untuk pelajaran umum yang bersamaan dengan sekolah umum lainnya.

“Selama pelaksanaan ujian para murid tidak mengalami kendala sebab pelajaran yang diujikan sudah mereka pelajari sebelumnya di madrasah,” katanya, Rabu (10/5/2017).

Selama pelaksanaan ujian ini sejumlah murid lainnya diliburkan dan sesuai dengan waktu ujian nantinya para murid akan kembali diliburkan pada 16 Mei 2017 mendatang. Ujian itu sama dengan ujian nasional untuk tingkat SMP dan SMA. Hanya saja tingkat MI dan SD tidak diberi nama ujian akhir madrasah dan kelulusan murid ditentukan oleh madrasah atau sekolah masing-masing.

“Ujian ini juga sangat penting untuk diikuti oleh para murid sebab pelajaran yang mereka ujikan sangat menentukan kelulusan mereka. Jadi jika mereka tidak mengikuti ujian ini maka bisa jadi mereka tidak bisa lulus.  Setelah ujian ini para murid tidak lagi mengikuti pendidikan di madrasah mereka tinggal menunggu pengumuman kelulusan yang akan dilaksanakan secara serentak,” terangnya.

Masing-masing madarah diberikan batasan murid untuk mengikuti ujian setiap kelasnya, jadi setiap kelas diisi oleh maksimal 20 murid. UTM

Harian Mercusuar

View all posts

Latest videos