SIGI, MERCUSUAR – Masyarakat Desa Salua, Kecamatan Kulawi kesulitan memperoleh air bersih yang disebabkan karena putusnya pipa saluran air menuju desa tersebut. Norma (62), warga setempat mengatakan kondisi itu mereka alami sejak sepekan terakhir pasca hujan deras, dimana hal tersebut diduga akibat pipa saluran air bersih yang rusak dihantam arus banjir.

“Sekarang ini susah kita mandi atau memasak air pakai air bersih karena pipa salurannya rusak. Jadi, masyarakat terpaksa mengambil air bersih dari keluarga atau tetangga yang punya mesin pompa air. Kalau yang punya mesin ya tidak terlalu kesulitan. Tapi banyak masyarakat yang tidak punya,” jelas Norma ditemui di Salua, Senin (23/10/2017).

Menurutnya, banyak pula masyarakat yang mengambil suplai air di sungai maupun aliran anak sungai untuk kebutuhan mandi cuci kakus (MCK). Sedangkan untuk kebutuhan minum dan memasak, mereka masih harus mengalirkan air menggunakan selang dari rumah tetangga yang mempunyai mesin pompa air. “Kami berharap pemerintah bisa secepatnya memperbaiki pipa saluran air, supaya masyarakat di sini bisa kembali menikmati air bersih dan tidak kesulitan lagi,” tutupnya. Pantauan Mercusuar, puluhan masyarakat juga tampak mengantri mengisi jerigen di salah satu sumber aliran anak sungai yang terdapat di pinggir jalan poros Kulawi. BAH

Harian Mercusuar

View all posts