Masuk SD, Umur dan Tempat Tinggal Jadi Prioritas

TATURA UTARA, MERCUSUAR – Dengan adanya larangan berupa tes baca, tulis dan berhitung (Calistung) bagi calon siswa Sekolah Dasar (SD), sejumlah SD di Kota Palu melakukan seleksi umur bagi para pendaftar di setiap sekolah.

Hal tersebut juga dilakukan oleh SD Inpres 1 Tatura, yang pada penerimaan kali ini melakukan seleksi umur kepada para pendaftar. “Kami tidak melaksanakan lagi tes calistung namun berdasarkan seleksi umur dengan prioritas yang paling tua dan dibuktikan dengan akte kelahiran,” ujar Kepala SD Inpres 1 Tatura, Norma Dahlan Akantu, Selasa (21/6/2016).

Menurutnya, tes calistung bukan menjadi syarat utama bagi anak-anak yang akan mendaftar di sekolah dasar. Dikatakan, tempat tinggal dari calon peserta didik juga menjadi bahan pertimbangan bagi calon siswa yang akan bersekolah di tempat tersebut.

“Tidak hanya faktor umur, tapi tempat tinggal juga menjadi prioritas seleksi. Namun kami melihat lagi, jika berdekatan dengan tempat kerja orang tua tetap akan diterima agar memudahkan orang tua mengantar dan menjemput anaknya,” jelasnya.

Ia menambahkan, hingga saat ini sebanyak 60 anak telah mendaftar pada penerimaan peserta didik baru tahun ini, dari total 75 anak yang akan diterima.

“Kami sebenarnya akan menerima 80 orang anak tapi karena ada 5 siswa yang tinggal kelas jadi hanya 75 murid saja,” tandasnya. WKL