PALU MERCUSUAR – Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu mengadakan diskusi terbuka di Halaman Kampus itu, Rabu (11/10/2017) mengusung tema “Mengenai Problematika Kemerdekaan Mahasiswa” dengan melibatkan salah satu mahasiswa senior sebagai pemateri atas nama Takdir.

Dalam pemaparannya, Takdir mengungkapkan pemuda sejatinya memiliki peran dan fungsi yang strategis dalam akselerasi pembangunan termasuk pula dalam proses kehidupan berbangsa dan bernegara. Pemuda merupakan aktor dalam pembangunan.

“Baik buruknya suatu negara dilihat dari kualitas pemudanya karena generasi muda adalah penerus dan pewaris bangsa dan negara,”kata dia.

Lebih lanjut, menurut Takdir, generasi muda  harus mempunyai karakter yang kuat untuk membangun bangsa dan negaranya, memiliki kepribadian tinggi, semangat nasionalisme, mampu memahami pengetahuan dan teknologi untuk bersaing secara global.

“Pemuda juga perlu memperhatikan bahwa mereka mempunyai fungsi sebagai Agent of Change, Moral Force and Sosial Control, sehingga fungsi tersebut dapat berguna bagi masyarakat,”terangnya.

Takdir menilai pemuda akan lebih kreatif melakukan pergerakan ketika terdapat banyak masalah yang tidak kunjung terselesaikan.

Kedepan, ia berharap setiap mahasiwa kiranya  menjadi agen perubahan bagi bangsa dan negara. Terutama saat mahasiswa lulus dari dunia pendidikan, harus bisa menciptakan peluang usaha dan menjadi motivator khalayak.

“Mukin dengan seringnya kegiatan diskusi begini kita banyak mendapatkan inspirasi  untuk belajar lebih baik kedepanya,”tutup Takdir.

Kegian itu juga diharapkan dapat menjaga tali silahturahim yang baik, saling mengenal mahasiswa dari jurusan lainnya. “Selain itu mungkin kedepan kita akan melaksanakan diskusi yang sama,”tambah Panitia Pelaksana, Asmawati. KSM

Harian Mercusuar

View all posts