TALISE, MERCUSUAR – Kondisi drainase di Kelurahan Talise, Kecamatan Mantikulore yang selalu tersumbat apalagi ketika hujan disoroti oleh pemerintah kelurahan setempat.

Lurah Talise, Sarlin mengatakan, pihaknya mengakui bahwa sebagian besar drainase di wilayahnya selalu tersumbat apalagi disaat musim penghujan, menurutnya hal itu selain disebabkan akibat tumpukan sampah yang memenuhi sepanjang drainase juga akibat adanya pipa dari PDAM Palu yang menyebabkan proses pembersihan drainase dari tumpukan sampah menjadi tidak maksimal.

DRAINASE- Genangan air yang meluap akibat drainase tersumbat di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Talise, beberapa waktu lalu. FOTO: IST

“Memang benar banyak drainase yang tersumbat akibat tumpukan sampah apalagi adanya pipa PDAM yang ada dalam drainase tersebut seperti di Jalan Tombolotutu sehingga menyebabkan pembersihan sampah tidak maksimal,” ujarnya, saat dikonfirmasi Mercusuar, Rabu (11/10/2017).

Sarlin menuturkan terkait drainase yang tersumbat di Jalan Tomoblotutu tersebut pihaknya masih harus berkoordinasi dengan pihak PDAM Palu untuk bisa memindahkan pipa tersebut ke area lain, sehingga proses pembersihan sampah di drainase dapat berjalan dengan baik.

“Biasanya kami sering melakukan pembersihan tumpukan sampah di drainase tersebut namun karena adanya pipa PDAM maka pembersihan menjadi kurang maksimla, karena kami takut merusak pipa tersebut,” tuturnya.

Dirinya juga mengatakan pihaknya juga terus mengimbau warga khususnya kepada pemilik usaha agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah atau limbah ke drainase.

“Kami juga telah melaporkan kondisi drainase dan berkoordinasi dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Palu agar melakukan normalisasi drainase di wilayah Kelurahan Talise,” ucap Sarlin. FDL

Harian Mercusuar

View all posts

Latest videos