DONGGALA, MERCUSUAR – Deklarasi sekaligus pendaftaran pasangan Kasman Lassa – Moh. Yasin sebagai calon bupati dan wakil bupati Donggala pada Pilkada Donggala 2018 tidak saja berlangsung meriah, namun mendapat dukungan penuh dari para petinggi dan simpatisan partai politik (parpol) pengusung serta masyarakat non parpol di Kabupaten Donggala.

Ketua DPW Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sulawesi Tengah, Longki Djanggola yang hadir memberikan orasi dukungan kepada pasangan yang bernama Sahabat Kasman – Yasin (Sakaya) di anjungan Gonenggati Isemapa Maipiapa Donggala, Selasa (9/1/2018), mengungkapkan rasa bangganya telah menjadikan duet Nasdem – Gerindra yang disempurnakan oleh PKS, PPP, PAN dan PBB itu sebagai pasangan yang layak untuk memimpin Kabupaten Donggala periode 2019-2024.

Longki dengan penuh semangat mangatakan bahwa ia memilih Kasman Lassa untuk dipasangkan dengan Moh. Yasin karena yakin akan memenangkan Pilkada Donggala.

Disamping itu, sosok Kasman Lassa yang terkenal dengan motto Isemapa Maipiapa adalah putra terbaik Sulawesi Tengah yang masih dicintai masyarakat di kabupaten tertua di Sulteng itu.

Moh. Yasin  pada yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Donggala, merupakan kader Gerindra yang menjabat sebagai wakil sekwil Gerindra Sulteng.

“Kader Gerindra sangat pantas ada di sini untuk mendukung Kasman Lassa dan Moh. Yasin. Kita bertekad bersama untuk memenangkan Kasman Lassa untuk menjadi bupati yang kedua kalinya,” kata Longki bersemangat.

Longki mengatakan pula bahwa tanpa mendahului takdir Allah, kemenangan Kasman Lassa sudah bisa diprediksikan, tanpa memandang sebelah mata para kandidat lainnya.

“Kita hargai calon lain. Kita bersaing dengan sehat, kita bersaing dengan jujur. Kita jaga daerah ini jangan sampai kacau,” tandasnya.

Orasi lain disampaikan oleh, Ketua DPW PKS Sulteng, Zainuddin Tambuala dan Sekwil PAN Sulteng, Rusli Daeng Pallabi serta Sekwil PPP Sulteng, Namrud Mado.

Suasana deklarasi yang diselimuti udara sejuk itu, dipenuhi lautan massa yang datang dari seluruh kecamatan dengan membawa atribut parpol dan organisasi dari parpol pendukung.

Kasman Lassa yang menjabat sebagai Ketua DPC Partai Nasdem Kabupaten Donggala, tampil mengenakan jas dan celana biru dengan atribut Partai NasDem, tidak hanya menyampaikan orasinya, tapi juga menyanyikan sejumlah lagu daerah Kaili. Lagu Vose Sakaya menjadi andalan dalam deklarasi yang diliput oleh sejumlah media itu.

Lagu Vose Sakaya terdengar di seluruh penjuru arena deklarasi  sejak dimulainya acara hingga melepas kepergian pasangan Sakaya menuju kantor KPU Donggala dengan menunggang kuda. Sebanyak delapan ekor kuda disiapkan oleh tim Sakaya yang ditunggangi oleh, antara lain Kasman Lassa, Moh. Yasin, Zainuddin Tambuala, Rusli Dg. Palabbi, Datu Wajar Lamarauna, Nurjannah, dan  Asnudin.

Setelah mengelilingi kota tua Donggala, seluruh tim pendukung Sakaya tiba di Kantor KPU dan menyerahkan dokumen kelengkapan pasangan Sakaya yang diserahkan oleh ketua tim Sakaya, Abd. Rasyid dan  diterima oleh Ketua KPU Donggala, Moh. Saleh.

Dalam penyerahan dokumen itu, seluruh ketua parpol pengusung hadir bersama bakal calon bupati / wakil bupati yang disaksikan oleh Panwas Pilkada Donggala. HID

 

Resti Ananda Putri

View all posts