BIROBULI SELATAN, MERCUSUAR – Aktivitas penerbangan di Bandara Mutiara SIS Aljufri Palu terganggu, akibat  layang-layang yang dimainkan warga sudah masuk ke area bandara. Layang-layang  menganggu lintasan pesawat, khususnya maskapai yang mendarat di bandara.

Kepala Bandara Mutiara SIS Aljufri Palu Benyamin mengatakan, sejak seminggu terakhir, penerbangan terganggu dengan adanya layang-layang di area bandara.

”Selama ini, pilot sering komplain akibat maraknya aktivitas permainan layang-layang di sekitar bandara,” katanya saat dikonfirmasi, Selasa (9/5/2017).

Menurut Benyamin, larangan itu diberlakukan minimal radius sekitar 15 KM dari lokasi lintasan pesawat. Layang-layang beserta tali senar dan sejenisnya yang digunakan bermain layang-layang, bisa saja masuk ke baling-baling pesawat.

Hal ini kata dia, berakibat fatal dan memicu kecelakaan pesawat. Apa lagi layang-layang yang mereka mainkan berukuran besar.

“Bermain layang-layang memang hak seseorang, namun warga tidak mengetahui apa akibat negatifnya jika layang-layang itu terbang didaerah bandara dan mengenai baling-baling pesawat,” ungkapnya.

Sejauh ini, pihak bandara terus memberi imbauan kepada  warga agar layang-layang yang dimainkan tidak masuk kearea bandara. Selain itu, pihak kepolisian akan menerjunkan personilnya untuk menertibkan warga yang layang – layangnya kedapatan masuk ke area bandara.

“Harapan kita masyarakat berperan aktif dan mengikuti imbauan yang sudah diberikan, ini dilakukan tak hanya demi keselamatan penerbangan melainkan keselamatan bersama,”katanya. IKI

Harian Mercusuar

View all posts