DONGGALA, MERCUSUAR – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menginisasi kerjasama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dan Pemkab Sidoarjo Provinsi Jawa Timur.

Inisiasi yang dilakukan berupa penandatanganan nota kesepakatan kerjasama  antara Pemkab Donggala dengan Pemkot Surabya tentang kerjasama lintas perkotaan dan nota kesepakatan antara Pemkab Donggala dengan Pemkab Sidoarjo tentang kerjasama jaringan lintas daerah.

Penandatangan kerjasama di lakukan di Pendopo Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, pada Selasa (8/11/2016) yang dilakukan ketiga kepala daerah, yaitu: Bupati Donggala, Kasman Lassa;  Walikota Surabaya Tri Rismaharini; dan Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah yang  disaksikan langsung oleh Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang.

Kerjasama yang menunjukkan bahwa Bupati Kasman Lassa sangat serius membenahi pengelolaan pemerintahannya, sesuai misi kedua, yaitu:  Menyelenggarakan tata kelola pemerintahan yang baik melalui kepemimpininan amanah (good governance) ini, berupa penerapan informasi tekhnologi (IT) dalam sistim penyelenggaraan pemerintah dengan tujuan transparansi Pelayanan.

Adapun ruang lingkup kerjasama ini, meliputi Bidang Perencanaan dan Penganggaran, Bidang PTSP (Pelayanan Izin Terpadu), Bidang Pariwisata, Bidang Kependudukan dan Bidang bidang lain yang dianggap perlu.

Kerjasama ini juga diproritaskan pada Penerapan IT, di Bidang Perencanaan dan Penganggaran, yaitu Penerapan e-Pleaning dan e-Bajeting pada APBD Kabupaten Donggala tahun 2017 dan juga diproritaskan pada Sistim Pelayanan Periizinan Berbasis IT.

Bupati Donggala Kasman Lassa dalam menghadiri acara ini didampingi Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Donggala, Aidil Nur; Kepala Bappeda, Ibrahim Drakel; Kepala DPPKAD, Abd. Rahman; Kadis Pariwisata, Sajaun dan Kepala Badan Periizinan Satu Pintu, Himran.HID

Wahid Agus

View all posts