BESUSU BARAT, MERCUSUAR–  Aksi BERISIK (Berhenti Pakai Kantong Plastik) kembali digelar Komunitas Earth Hour Palu di Area Car Free Day di Anjungan Nusantara Kota Palu, Minggu (19/3/2017).

Dadie Heriyanto Public Relation Earth Hour Palu mengatakan, aksi ini dilaksanakan untuk mengkampanyekan pengurangan penggunaan kantong plastik kepada masyarakat. Earth Hour Palu berkolaboraksi bersama 15 Komunitas Pemuda lainnya di Kota Palu. Aksi tersebut dimulai dari pukul 06.00 wita, dengan melakukan long march (Jalan Santai) dari Patung Kuda menuju Anjungan Palu Nomoni.

“Aksi ini sekaligus mengajak masyarakat untuk mulai merubah gaya hidup yang tidak ramah lingkungan menjadi ramah lingkungan,”papar Dadie.

Aksi itu dirangkaikan dengan workshop pembuatan tas belanja dari kaos bekas, banyak tas yang lucu dan keren yang dihasilkan dari workahop ini. Dimana hasil dari pembuatan tas belanja dari kaos bekas itu kemudian dibagikan kepada masyarakat di area Car Free Day khususnya kepada yang sedang membawa kantong plastic.

Eart Hour Palu terus melakukan kampanye Berisik (Berhenti Pakai Kantong Plastik) sendiri dan merupakan aksi rutin yang dilaksanakan oleh Komunitas Earth Hour Palu, imbuhnya.

Dia melanjutkan, berdasarkan data yang ada, Indonesia adalah negara penyumbang sampah plastik terbesar ke-dua di dunia. Aksi seperti ini sangat penting untuk terus dilakukan, agar masyarakat diberikan pemahaman tentang bahaya kantong plastik sekaligus diajak melakukan perubahan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik itu sendiri.

“Untuk merubah memang tidak instan, dibutuhkan proses dan aksi terus menerus. Semoga masyarakat semakin peduli terhadap lingkungan dengan melakukan hal sederhana seperti membawa tas sendiri pada saat belanja,” ajaknya. ABS

Harian Mercusuar

View all posts